JP Morgan Siapkan Token Deposit Berbasis Blockchain, Gimana Potensi Masa Depannya?

JP Morgan Siapkan Token Deposit Berbasis Blockchain, Gimana Potensi Masa Depannya?

JP Morgan, salah satu bank terbesar di dunia, kini tengah mempersiapkan langkah besar di dunia crypto. Dengan rencana peluncuran token deposit berbasis blockchain, bank ini berambisi mempercepat pembayaran lintas batas dan penyelesaian transaksi. Namun, apa sebenarnya yang mendorong bank raksasa ini untuk mengambil langkah ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Token Deposit vs JPM Coin: Apa Bedanya?

token deposit vs jpm coin
Sumber: Christian Catalini

Dilansir dari Cointelegraph, berbeda dengan JPM Coin yang sudah ada, token deposit yang direncanakan oleh JP Morgan akan memiliki fungsi yang lebih luas. Meskipun keduanya mewakili deposit pelanggan dan bergerak di jalur blockchain, token deposit baru ini akan memungkinkan transaksi dengan bank lain.

Token ini juga dapat digunakan untuk menyelesaikan perdagangan yang melibatkan sekuritas dan instrumen keuangan yang telah ditokenisasi. Selain itu, token deposit ini dapat ditawarkan dalam berbagai mata uang selain dolar AS.

Meskipun memiliki banyak kesamaan, seperti keterbatasan penggunaan hanya untuk bank dan adanya sistem KYC, token deposit ini diharapkan memberikan solusi yang lebih inovatif dan fleksibel bagi pelanggan.

Baca Juga: JPMorgan Luncurkan Transfer Dolar 24/7 via Blockchain dengan Bank India!

Tantangan Regulasi dan Peluncuran Token

jpmorgan deposit token
Sumber: Coindesk

Meskipun infrastruktur untuk menangani transaksi token sudah dibangun, JP Morgan belum memulai proses penciptaan token ini. Alasannya adalah mereka memerlukan persetujuan dari regulator AS.

Seorang juru bicara JP Morgan mengatakan bahwa bank ini mengakui pendekatan regulator yang “bijaksana dan teliti” terhadap persetujuan. Namun, mereka optimis bahwa setelah mendapatkan persetujuan, token dapat diperkenalkan dan ditawarkan kepada klien dalam waktu satu tahun.

Bank ini telah menunjukkan dukungannya terhadap token deposit di masa lalu, dengan keyakinan bahwa aset semacam itu akan menjadi bentuk uang yang banyak digunakan.

Baca Juga: Analis JPMorgan Percaya Harga Bitcoin Bisa Sentuh Rp675 Juta, Kenapa?

Dampak Potensial Token Deposit di Industri Keuangan

Dengan peluncuran token deposit ini, JP Morgan tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap inovasi, tetapi juga potensi transformasi besar dalam transaksi lintas batas.

Token ini diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih cepat dan efisien bagi klien korporat, terutama dalam penyelesaian transaksi dan pembayaran.

Selain itu, dengan dukungan dari regulator dan kerjasama dengan bank lain, token deposit ini dapat menjadi standar baru dalam industri keuangan global.

Langkah JP Morgan dalam mengembangkan token deposit berbasis blockchain menunjukkan visi dan ambisi bank ini dalam memanfaatkan teknologi crypto. Dengan potensi besar untuk mengubah cara transaksi dilakukan, kita semua menunggu untuk melihat bagaimana token ini akan membentuk masa depan industri keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: