Widih! Transaksi Harian JPM Coin Tembus $1 Miliar dalam 3 Tahun

author:

Widih! Transaksi Harian JPM Coin Tembus $1 Miliar dalam 3 Tahun

JPM Coin, aset digital milik JPMorgan Chase & Co., kini menangani transaksi harian senilai lebih dari $1 miliar. Angka ini menunjukkan lonjakan signifikan sejak pembaruan terakhir pada Juni, di mana perusahaan melaporkan bahwa $300 juta telah ditransaksikan dalam tiga tahun sejak peluncuran JPM Coin.

JPM Coin, Solusi Efisiensi Sistem Pembayaran

Takis Georgakopoulos, Kepala Global Pembayaran di JPMorgan, mengungkapkan bahwa perusahaan memproses lebih dari $1 miliar dalam transaksi harian melalui aset digitalnya, JPM Coin.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV pada 26 Oktober 2023 kemarin, Georgakopoulos menyoroti tiga ketidak-efisienan utama dari sistem pembayaran saat ini: kecepatan pembayaran, terutama transaksi lintas batas; pergerakan uang dan informasi yang terpisah, yang membuatnya sulit untuk melacak atau mencocokkan transaksi; dan fungibilitas uang.

Baca juga: JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

JPMorgan berusaha untuk menyelesaikan ketiga masalah ini dengan aset digitalnya, JPM Coin. JPM Coin adalah stablecoin yang dipegang ke dolar Amerika Serikat dengan rasio kolateralisasi 1:1.

“Hari ini, kami memindahkan $1 miliar setiap hari melalui JPM Coin untuk sejumlah perusahaan besar.”

Diluncurkan pada 2020, tujuan utamanya adalah untuk berfungsi sebagai kendaraan sementara untuk penyelesaian bruto real-time antara klien institusional JPMorgan.

JPM Coin, Meningkatkan Transaksi Harian

jpm coin jpmorgan
Sumber: Medium

Pada Juni 2023, JPMorgan melaporkan bahwa lebih dari $300 juta telah ditransaksikan melalui JPM Coin sejak peluncurannya pada 2020. Data baru yang melaporkan transaksi harian melebihi $1 miliar, menunjukkan lonjakan besar dalam empat bulan.

Hal ini mungkin dijelaskan oleh peluncuran transaksi yang dinominasikan dalam euro melalui sistem JPM Coin pada bulan Juni. JPM Coin awalnya hanya mendukung dolar AS tetapi diperluas untuk mencakup euro pada bulan Juni tahun ini. Versi ritel JPM Coin saat ini tidak tersedia.

Saat ini hanya memungkinkan klien grosir atau korporat bank untuk melakukan transaksi, tetapi rencananya adalah untuk memperluas sistem ke konsumen ritel.

Baca juga: JPMorgan dan Visa Kenalkan Pembayaran Blockchain Lintas Batas

JPM Coin, Membidik Pasar Lintas Batas

JPM Coin menawarkan cara yang aman dan efisien bagi klien grosir untuk melakukan pembayaran dalam dolar dan euro melalui jaringan blockchain pribadi. Volume transaksi harian senilai $1 miliar adalah pencapaian yang substansial, tetapi masih merupakan sebagian kecil dari $10 triliun transaksi dolar AS yang ditangani JPMorgan setiap hari.

Georgakopoulos menyatakan bahwa,

“Langkah selanjutnya dalam perjalanan ini adalah memikirkan bagaimana kamu bisa menciptakan versi ritel yang lebih dari itu, sehingga kamu bisa membawa efisiensi yang sama ke konsumen.”

Sebagai mata uang crypto pertama yang didukung oleh bank AS besar, JPM Coin memainkan peran penting dalam memfasilitasi pergerakan dana likuiditas dan pembayaran secara real-time. Meski demikian, adopsi dan pengujian skala luas yang sama dengan jaringan pembayaran tradisional masih dalam proses.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: