Jimmy Wales Remehkan Bitcoin? Komunitas Crypto Tak Tinggal Diam, Ini yang Terjadi!

Jimmy Wales Remehkan Bitcoin? Komunitas Crypto Tak Tinggal Diam, Ini yang Terjadi!

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, baru-baru ini mengundang kemarahan komunitas crypto dengan pernyataannya yang meremehkan Bitcoin (BTC). Wales menyatakan bahwa ia tidak pernah kehilangan uang karena lupa password bank, berbeda dengan pengguna Bitcoin. Namun, komunitas crypto tidak tinggal diam dan memberikan serangkaian tanggapan tajam. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kritik Pedas dari Pendiri Wikipedia

kritik pedas jimmy wales
Sumber: Akun X Jimmy Wales

Jimmy Wales, dalam sebuah unggahan di platform sosial media X, menyindir Bitcoin dengan mengatakan bahwa ia tidak pernah kehilangan uang karena lupa password bank. Pernyataan ini seolah menegaskan bahwa bank lebih dapat diandalkan dibandingkan Bitcoin. Wales menambahkan bahwa kehilangan password Bitcoin berarti kehilangan aset, sedangkan hal tersebut tidak terjadi pada bank.

Komunitas crypto dengan cepat menanggapi pernyataan Wales tersebut. Mereka menekankan bahwa bank memang berfungsi, tetapi tidak semua orang memiliki akses ke layanan perbankan. Alex Gladstein dari Human Rights Foundation menyoroti bahwa hanya sekitar satu miliar orang dari delapan miliar penduduk dunia yang memiliki akses ke layanan perbankan yang layak.

Baca Juga: ChatGPT Guncang Dunia Maya: Artikel Wikipedia Paling Populer di 2023 dengan 49,5 Juta Views!

Debat Panas dengan Komunitas Crypto

Samson Mow, pendukung Bitcoin, menyerang balik dengan mengingatkan Wales tentang ketergantungan Wikipedia pada donasi.

Mow menyatakan bahwa jika Wikipedia telah membeli Bitcoin beberapa tahun yang lalu, mereka tidak perlu meminta donasi setiap tahun. Lyn Alden, pendiri Lyn Alden Investment Strategy, juga menyampaikan bahwa memiliki rekening bank tidak selalu menjamin keamanan aset, dengan memberikan contoh seorang dokter di Lebanon yang kehilangan 95% tabungannya karena hiperinflasi.

danny scott
Sumber: Akun X Danny Scott

Danny Scott, CEO dari Coin Corner, menegaskan bahwa Wales membandingkan dua hal yang berbeda. Menurutnya, lupa password di bursa Bitcoin bisa diatasi dengan reset password, sama seperti di bank. Namun, menyimpan uang secara fisik sama dengan menyimpan Bitcoin, jika hilang maka akan benar-benar hilang.

Baca Juga: Demo AI Gemini Google Ternyata Dirancang Ulang? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Reaksi Pasar dan Keputusan Wikimedia Foundation

Data dari The Block menunjukkan lonjakan trafik ke halaman Wikipedia Bitcoin pada bulan Oktober. Hal ini menunjukkan peningkatan minat terhadap Bitcoin, terutama dengan potensi peluncuran ETF spot. Namun, Wikimedia Foundation, yang mengoperasikan Wikipedia, telah berhenti menerima donasi dalam bentuk crypto pada tahun 2022.

Keputusan untuk berhenti menerima donasi crypto diumumkan oleh Molly White, editor Wikipedia dan insinyur perangkat lunak, melalui Twitter. Keputusan ini diambil setelah diskusi komunitas selama tiga bulan. Sementara itu, harga Bitcoin saat penulisan artikel ini adalah $42.250,90, turun 3,52% dalam 24 jam terakhir.

Polemik antara Jimmy Wales dan komunitas crypto menunjukkan adanya perbedaan pandangan yang tajam mengenai keandalan dan fungsi Bitcoin. Meskipun Wales menyatakan keraguan, komunitas crypto tetap membela Bitcoin sebagai aset yang memiliki nilai dan potensi, terutama bagi mereka yang tidak dilayani oleh sistem perbankan tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: