Jim Rickards: Biden ‘Hancurkan Dolar AS’ dan Ancam Posisi Globalnya, Bitcoin Akan Berkuasa?

Jim Rickards: Biden ‘Hancurkan Dolar AS’ dan Ancam Posisi Globalnya, Bitcoin Akan Berkuasa?

Penulis best-seller dan ekonom Jim Rickards telah memberikan pendapatnya tentang penanganan pemerintahan Biden terhadap kebijakan moneter AS.

Rickards, seorang ahli investasi dengan pengalaman 35 tahun, menuduh Presiden Joe Biden meruntuhkan dolar AS sebagai mata uang cadangan global.

Dolar AS Terancam oleh Mata Uang Bersama Blok BRICS

usd dolar index
U.S. dollar index. Sumber: TradingView

Di media sosial, Rickards menyatakan:

“Biden kini menjadi tokoh sejarah dunia. Dia telah menghancurkan dolar, bukan tugas yang mudah”.

Ahli mata uang ini mencatat bahwa salah satu rival terbesar untuk dolar adalah kelahiran mata uang blok BRICS yang berpotensi menghubungkan transaksi ekonomi Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (blok BRICS).

Baca Juga: De-Dolarisasi: Pertemuan ACU dan Kemungkinan Iran Bergabung dengan BRICS

Rickards menyatakan bahwa mata uang bersama BRICS yang didukung emas akan dipratinjau pada 22 Agustus dan akan diimplementasikan dalam tahapan.

Penggabungan SCO dan BRICS

Menurut Rickards, BRICS dan Shanghai Cooperation Organization (SCO), dua blok ekonomi terbesar di dunia, akan bergabung menjadi sebuah kelompok kerjasama yang belum bernama.

Rickards percaya bahwa ukuran organisasi baru ini akan menginspirasi negara-negara lain untuk bersatu, konsolidasi kesatuan ekonomi yang akan merusak status dolar AS sebagai mata uang cadangan dan transaksional.

Namun, Rickards mempertahankan bahwa dolar akan terus digunakan sebagai mata uang kedua yang “terpinggirkan.”

Baca Juga: Putin Membongkar Rahasia: Akhir Dolar AS Sudah Dekat! Mata Uang Digital Punya Potensi Besar?

Ini adalah salah satu skenario yang diprediksi Rickards dalam buku larisnya pada tahun 2011 Currency Wars: The Making of the Next Global Crisis, di mana ia menggambarkan munculnya dunia dengan banyak mata uang saat dominasi dolar terus memudar.

Beberapa orang juga telah memperingatkan tentang penghancuran dolar dan nilainya. Jim Rogers, seorang investor yang meramalkan krisis keuangan 2008 pada tahun 2002, baru-baru ini memperingatkan tentang efek keruntuhan dolar AS, dengan mengatakan bahwa negara tersebut “akan menderita” akibat masalah inflasi dan hutang.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: