Jim Cramer Ramal Pasar Akan Alami Koreksi, Bagaimana Nasib Crypto?

Jim Cramer Ramal Pasar Akan Alami Koreksi, Bagaimana Nasib Crypto?

Dalam suasana pasar yang penuh ketidakpastian, Jim Cramer, analis keuangan CNBC, memberikan prediksi yang mengejutkan. Ia memprediksi bahwa pasar saham akan mengalami penarikan atau ‘pullback’ setelah kenaikan yang terlalu cepat, dan ini bisa berdampak pada harga crypto. Apakah ini pertanda bahwa kamu harus bersiap untuk perubahan harga crypto yang akan datang?

Jim Cramer dan Prediksi Pasar Saham

Jim Cramer, yang dikenal dengan analisis pasar sahamnya yang tajam, baru-baru ini menyatakan bahwa pasar saham siap untuk mengalami koreksi. Menurutnya, banyak saham, termasuk perusahaan teknologi yang gencar mempromosikan inisiatif kecerdasan buatan, telah melonjak terlalu cepat tanpa dasar yang kuat.

Cramer menyoroti bahwa aksi pasar pada hari Selasa, dengan Dow Jones Industrial Average turun 0,62%, S&P 500 menurun 0,37%, dan Nasdaq Composite jatuh 0,19%, merupakan awal yang baik untuk koreksi yang ia prediksi. Dalam analisisnya, Cramer menekankan bahwa terlalu banyak saham yang naik secara parabolik, atau dengan kata lain, naik terus menerus tanpa alasan yang jelas.

Ia mengkritik analis yang terus meningkatkan target harga saham tanpa adanya perkembangan nyata. Perusahaan-perusahaan yang membuat perangkat lunak untuk penjualan produk dan yang mengukur atau menganalisis data, menurut Cramer, adalah contoh yang mengalami kenaikan harga saham yang tidak wajar.

Baca Juga: Apakah Bitcoin Akan Memasuki Era Keemasan? 3 Sinyal On-Chain Ini Beri Petunjuk!

Pengaruh Keputusan Federal Reserve dan Sektor yang Masuk Akal

jim cramer bitcoin
Sumber: CNBC

Cramer juga mengaitkan rally pasar yang terjadi belakangan ini dengan keputusan Federal Reserve untuk menunda kenaikan suku bunga. Beberapa investor mengartikan penundaan ini sebagai tanda bahwa ekonomi sedang mendingin dan pemotongan suku bunga mungkin akan segera terjadi.

Namun, komentar dari Christopher Waller dari Fed pada hari Selasa memberikan sinyal bahwa pendekatan terhadap pemotongan suku bunga tahun ini mungkin tidak akan seagresif yang diperkirakan. Lebih lanjut, Cramer menegaskan bahwa Fed belum sepenuhnya mengendalikan inflasi dan bahwa organisasi tersebut perlu benar-benar mengalahkan inflasi sebelum dapat memotong suku bunga.

Ia juga menyoroti bahwa kenaikan biaya minyak berdampak pada peningkatan harga secara umum, yang bertentangan dengan tujuan Fed untuk stabilitas harga. Namun, Cramer menyebutkan bahwa ada segmen pasar yang “bertindak masuk akal”, seperti sektor keuangan yang menurun secara moderat dan akan menemukan titik resetnya.

Baca Juga: Market Merah, Mengapa Harga Crypto Turun Hari Ini (19/1/24)? Simak 3 Alasan Utamanya!

Rekomendasi untuk Investor dan Prediksi Harga Crypto

Mengenai saham di sektor kesehatan, Cramer mengamati beberapa pembalikan setelah kegembiraan di konferensi JPMorgan pekan lalu. Meskipun ia menyukai banyak perusahaan kesehatan tersebut, ia menyarankan agar harga saham mereka turun sebelum investor mempertimbangkan untuk membeli.

Terkait dengan crypto, prediksi Cramer tentang pasar saham yang siap untuk koreksi dapat memberikan indikasi bahwa harga crypto juga mungkin akan mengalami penurunan. Cramer menyarankan untuk membiarkan pasar mengalami koreksi. “Biarkan pasar ini turun,” katanya. “Pasar ini layak mendapatkan kesempatan untuk mengoreksi, meskipun beberapa bagiannya sudah mulai melakukannya.”

Kesimpulan

Dengan prediksi pasar yang volatil dari Jim Cramer, investor mungkin perlu mempertimbangkan strategi mereka dengan lebih hati-hati. Apakah ini akan menjadi waktu yang tepat untuk menjual atau justru kesempatan untuk membeli di harga yang lebih rendah? Keputusan berada di tangan kamu, namun satu hal yang pasti, pasar selalu penuh dengan kejutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi