Jet Mewah Miliaran Rupiah Milik Pendiri FTX Mungkin Disita, Apakah Kreditur Akan Dibayar?

Jet Mewah Miliaran Rupiah Milik Pendiri FTX Mungkin Disita, Apakah Kreditur Akan Dibayar?

Dalam perkembangan terbaru, dua jet mewah yang diduga milik pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF), mungkin disita untuk membayar kembali kreditur.

Menurut pengajuan pengadilan pada awal Oktober 2023, jet-jet tersebut tampaknya tidak pernah digunakan oleh miliarder yang kini bangkrut tersebut.

Jet Mewah dan Kontroversi Kepemilikan

Jet-jet yang menjadi bahan perdebatan ini adalah Bombardier Global dan Embraer Legacy, dengan total nilai sekitar $28.4 juta.

Data dari pelacak pesawat menunjukkan bahwa kedua jet tersebut memiliki pemilik pribadi. Namun, kepemilikan jet ini menjadi sengketa antara Departemen Kehakiman (DOJ) dan FTX.

Menurut pengajuan oleh Island Air Capital (IAC), “Pemerintah berpendapat bahwa kedua pesawat tersebut dapat disita sebagai properti yang dibeli dengan hasil penipuan.”

Baca Juga: FTX Rilis Rencana Restrukturisasi: Rencana Reboot Bursa Offshore di Masa Depan!

IAC menegaskan bahwa tidak ada orang dari bursa yang pernah menggunakan pesawat tersebut.

Selain itu, IAC ingin tahu siapa yang akan membayar untuk peningkatan dan perbaikan selama masalah ini berada di pengadilan.

Di sisi lain, bursa yang sudah tidak beroperasi ini mengklaim kepemilikan, karena pinjaman yang digunakan untuk membeli pesawat tersebut tidak didokumentasikan.

FTX dan Keterlibatan dengan Anthropic

Sam bankman ftx
Sumber: Forkast News

Perusahaan AI (Artificial Intelligence) Anthropic baru-baru ini berhasil mengumpulkan dana hingga $6 miliar dari perusahaan seperti Amazon, Google, dan lainnya.

Hal ini membuka kemungkinan bahwa kreditur FTX mungkin dapat memulihkan dana mereka. Bursa ini menginvestasikan $500 juta di perusahaan AI tersebut tahun lalu.

Pendanaan terbaru Anthropic telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam nilai saham bursa.

CEO Crypto.com, Kris Marszalek, berbicara tentang kemungkinan peningkatan peluang pemulihan.

Marszalek menyoroti bahwa Anthropic kini dinilai sebesar $20 miliar. Jika likuidator FTX bermain pintar dan bertindak demi kepentingan kreditur, saham Anthropic bisa sangat meningkatkan peluang pemulihan, dengan potensi untuk pemulihan penuh.

Paragraf Penutup

Dengan perkembangan terbaru ini, tampaknya ada harapan bagi kreditur FTX untuk mendapatkan kembali dana mereka.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Namun, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, termasuk siapa yang akan membayar untuk perbaikan dan peningkatan pesawat, serta bagaimana hasil penjualan pesawat tersebut akan digunakan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi