Lending Platform Berbasis Solana Ini Tetapkan Standar Baru dengan Suku Bunga Tetap!

Lending Platform Berbasis Solana Ini Tetapkan Standar Baru dengan Suku Bunga Tetap!

Jet, platform pinjaman crypto berbasis Solana, baru saja melakukan relaunch dengan menawarkan pinjaman suku bunga tetap, mengambil inspirasi dari dunia keuangan tradisional meski sebagian besar pesaing crypto mereka masih berpegang pada produk suku bunga variabel.

Jet menggunakan desain order book di mana peminjam dan pemberi pinjaman menetapkan syarat mereka sendiri, termasuk tingkat suku bunga dan jadwal pembayaran. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tidak Ada APY Buatan, Semuanya Berbasis Pasar

jet protocol
Sumber: Coin98

“Ini bukan APY (annualized percentage yield) yang dibuat-buat. Ini sepenuhnya berbasis pasar. Inilah cara sebagian besar modal bergerak di ekonomi global,” ujar pendiri Jet, James Moreau.

Dilansir dari Coindesk, meski dengan risiko yang lebih rendah, model Jet ini menghadapi gesekan dari para pedagang besar seperti pembuat pasar yang telah terbiasa dengan fleksibilitas produk suku bunga variabel.

Baca Juga: Solana Mengintegrasikan AI ke Blockchain dan Naikkan Dana Hibah Jadi Rp149 Miliar!

Tantangan Produk Suku Bunga Tetap

Meurut Coindesk, dalam model suku bunga variabel, pedagang seringkali dapat menarik uang mereka kapan saja (asalkan tingkat utilisasi tidak terlalu tinggi). Dengan produk suku bunga tetap, crypto mereka dikunci selama durasi kontrak.

Metrik kinerja Jet sendiri telah turun drastis dari puncak mereka pada akhir 2021, ketika protokol memiliki lebih dari $36 juta dalam total nilai yang terkunci, menurut DeFiLlama. Saat ini, total nilai yang terkunci (TVL) kurang dari $200.000.

Baca Juga: Berambisi! Solana (SOL) Siap Tumbuh 100 Kali Lipat Melalui Kemitraan Strategis Ini

Harapan untuk Masa Depan

jet dan solana
Sumber: CoinSwitch

Meskipun demikian, Moreau mengakui bahwa produk pinjaman suku bunga tetap tidak mungkin akan menjadi pemicu bagi arus likuiditas kembali ke Solana. Namun, ia berharap bahwa produk ini dapat menarik niche dari DAO dan organisasi on-chain lainnya yang memiliki treasury besar dan tidak aktif yang bisa mereka manfaatkan.

Moreau juga menyatakan bahwa trader SOL yang staking juga dapat menemukan kasus penggunaan yang sangat mudah untuk mendapatkan uang dengan mudah melalui Jet. Dia menargetkan mereka yang terlibat dalam strategi nilai ekstraktif maksimal (MEV) dan SOL yang di-stake.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: