Jeremy Allaire dari Circle: Kemungkinan Kecil RUU Stablecoin Akan Disahkan

Jeremy Allaire dari Circle: Kemungkinan Kecil RUU Stablecoin Akan Disahkan

Jeremy Allaire, CEO Circle, perusahaan penerbit USDC, salah satu stablecoin terbesar di pasar, baru-baru ini menyuarakan pandangannya tentang masa depan regulasi stablecoin.

Dalam podcast “Unchained” yang dipandu oleh Laura Shin, Allaire menyampaikan keraguan bahwa ‘Clarity for Payment Stablecoins Act‘ yang baru-baru ini diajukan akan disahkan menjadi undang-undang.

Keraguan Terhadap ‘Clarity for Payment Stablecoins Act’

Meskipun ada konsensus mengenai pentingnya regulasi stablecoin di AS, Allaire merasa skeptis bahwa RUU yang baru diajukan ini akan mendapatkan persetujuan.

Alasan utama keraguan Allaire terletak pada kurangnya definisi subjek kunci dalam RUU yang, menurutnya, perlu diselesaikan.

Baca Juga: Kerjakan Regulasi Stablecoin Baru, Hong Kong Tolak Stablecoin Satu Ini

Salah satu pertanyaan besar adalah seberapa besar peran yang akan dimainkan oleh Federal Reserve atau Fed dalam menetapkan standar dan apakah Fed memiliki hak veto terhadap pemberian lisensi stablecoin.

Allaire juga menyoroti beberapa keuntungan dari RUU ini, seperti memberikan kejelasan hukum bahwa stablecoin dolar adalah bagian dari sistem keuangan global dan AS.

Pertimbangan Federal vs. Negara Bagian

Twitter

Salah satu isu yang menurut Allaire dapat menghambat kemajuan RUU ini adalah keterlibatan Federal Reserve dalam urusan stablecoin.

Masih belum jelas apakah Federal Reserve akan memiliki kewenangan terkait lisensi yang dikeluarkan oleh negara bagian untuk perusahaan stablecoin.

Misalnya, jika negara bagian seperti New York mengeluarkan piagam stablecoin kepada seseorang, apakah Fed memiliki peran pengawasan?

Isu-isu teknokratik ini sangat penting karena berkaitan dengan hak-hak negara bagian dan federal serta keseimbangan kekuasaan.

Pandangan Allaire Tentang Masa Depan Regulasi Stablecoin

Meskipun Allaire meragukan versi RUU stablecoin saat ini, dia yakin bahwa regulasi untuk stablecoin akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Allaire percaya bahwa ada beberapa isu kunci yang penting bagi Federal Reserve yang belum terselesaikan.

Baca Juga: 7 Stablecoin Terpopuler Saat Ini, USDC Urutan Keberapa?

Namun, dia menekankan bahwa RUU ini “mencapai banyak hal” dan memberikan kepastian hukum bagi emisi stablecoin, yang akan membuka jalan bagi penggunaan mainstream dari alat-alat ini.

Paragraf Penutup

Pandangan Jeremy Allaire menyoroti tantangan dan pertimbangan yang ada dalam proses pengaturan stablecoin.

Meskipun ada keraguan tentang versi RUU saat ini, pentingnya regulasi yang jelas dan efektif untuk industri stablecoin tidak dapat disangkal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: