Langkah Cerdas Jepang dalam ‘Perang Chip’ AI, Akuisisi JSR oleh JIC!

Langkah Cerdas Jepang dalam ‘Perang Chip’ AI, Akuisisi JSR oleh JIC!

AI telah mendapatkan perhatian utama dengan munculnya alat seperti ChatGPT tahun ini. Oleh karena itu, permintaan untuk chip semikonduktor, salah satu kebutuhan dasar untuk komputasi dalam melatih model AI, juga telah meningkat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

JSR Menerima Tawaran Pembelian dari JIC yang Didukung Negara di Tengah ‘Perang Chip’ AI

JSR Japan
Sumber: The Japan Times

Menurut Asia Times, JIC, sebuah perusahaan yang 96,5% sahamnya dimiliki oleh pemerintah Jepang, menawarkan pembelian kepada JSR senilai ¥909,3 miliar ($6.4 miliar).

JSR adalah produsen photoresist dengan pangsa pasar global lebih dari 30%, melayani klien seperti Intel, Samsung, dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Photoresist adalah bahan kimia yang digunakan dalam mencetak desain sirkuit pada wafer chip.

JIC akan mengakuisisi 100% saham perusahaan, menjadikannya swasta pada awal 2024. Setelah mendapatkan persetujuan regulasi, kesepakatan tersebut akan melalui periode penawaran tender 20 hari pada Desember 2023.

Baca Juga: AMD Luncurkan Chip AI Baru, Siap Tantang Dominasi Nvidia?

Unsur Juara Nasional?

Karena JSR memiliki neraca keuangan yang kuat, banyak ahli percaya bahwa JSR tidak memerlukan dana tambahan dari JIC. Perkembangan ini terjadi di tengah ‘perang chip’ yang sedang berlangsung saat AS berencana menghentikan ekspor chip AI yang kuat ke Cina.

Financial Times menyebutkan bahwa analis semikonduktor Damian Thong percaya bahwa detail tentang pembelian ini belum banyak diketahui. Dia berkata, “Ada perasaan bahwa kita tidak seharusnya mencari tahu lebih dalam tentang ini.”

Seorang analis lain merasa tidak jelas apakah kesepakatan ini memprivatisasi atau menasionalisasi aset strategis yang penting.

“Mungkin ada semacam elemen juara nasional dalam ini, dan begitu Anda mulai membangun kerajaan untuk alasan non-ekonomi, apapun mungkin terjadi,” ujar analis tersebut kepada Financial Times, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Nvidia Pamerkan Superkomputer AI, Revolusi Industri Game di Ambang Pintu!

Penegasan CEO JSR

jepang dan teknologi AI
Sumber: South China Morning Post

Menurut BeInCrypto, namun, CEO JSR, Eric Johnson, membantah sudut nasionalisasi. Dia menjelaskan:

“Piagam mereka [JIC] adalah untuk mendukung percepatan kompetitivitas, dan kompetitivitas global industri Jepang.”

Meningkatnya popularitas AI pada 2023 dan permintaan chip semikonduktor telah menyebabkan saham pembuat chip Nvidia mencapai valuasi $1 triliun. Baca selengkapnya mengenai valuasi Nvidia di Di Era Gempuran AI, Nilai Pasar Nvidia Melambung Hingga $1 Triliun!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: