Jepang Fokuskan Investasi ke Metaverse dan NFT

Jepang Fokuskan Investasi ke Metaverse dan NFT

Pada awal Oktober 2022, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dalam sebuah pidato di parlemen bahwa Jepang akan fokuskan investasi ke layanan Metaverse dan juga NFT. Dalam pidatonya tersebut, Kishida mengatakan bahwa Jepang akan terus fokus mendukung implementasi sosial teknologi digital.

Beberapa Upaya Pemerintah Jepang Promosikan Web3, NFT, dan Metaverse

Kishida menambahkan bahwa pemerintah Jepang juga akan secara aktif mempromosikan upaya untuk memperluas penggunaan layanan Web3 yang memanfaatkan layanan Metaverse dan NFT. Negara ini akan terus mempromosikan investasi dalam teknologi digital termasuk melalui pemberian insentif pajak bagi perusahaan yang memanfaatkan teknologi NFT dan Metaverse.

Pemerintah Jepang bahkan baru-baru ini mendirikan kantor kebijakan Web3 di bawah Ministry of Economy, Trade and Industry (METI), yang berfokus pada pembuatan kebijakan untuk ekspansi blockchain secara bertahap di negara tersebut.

Zox News

Pada bulan April 2022 lalu, satuan tugas yang diluncurkan oleh Partai Demokrat Liberal Kishida dan dipimpin oleh politisi Akihisa Shiozaki merilis whitepaper NFT dan menyebut Web3 sebagai batas baru ekonomi digital. Whitepaper NFT tersebut juga menguraikan rencana untuk memajukan strategi nasional Jepang di Web3.

Dilansir dari laman Coindesk, METI juga dilaporkan sedang mendalami proposal untuk menawarkan pembebasan pajak kepada perusahaan crypto Jepang untuk menarik mereka dalam mempertahankan bisnisnya di Jepang. Upaya yang dilakukan pemerintah Jepang ini diyakini akan semakin mendorong industri Web3 yang sedang berkembang di Jepang

Baca Juga: Lowongan Kerja Disney Ungkap Rencana Besar Adopsi NFT dan Crypto!

Jepang Berikan NFT Sebagai Penghargaan Bagi Pemerintah Daerah Berprestasi

Dilansir dari laman Bitcoin News, pemerintah Jepang adalah salah satu negara pertama yang memberikan NFT sebagai penghargaan tambahan kepada otoritas lokal yang unggul dalam kompetisi digitalisasi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah daerah sebagai pengakuan atas upaya mereka dalam menggunakan teknologi digital untuk memecahkan tantangan lokal.

Menerbitkan dan Mendistribusikan NFT Melalui Blockchain Berbiaya Rendah

Prime Minister’s Office of Japan

Dikenal sebagai acara Summer Digi-den Koshien 2022, upacara penghargaan ini diadakan pada 2 September 2022 untuk menghormati dan mengakui inisiatif otoritas lokal yang memanfaatkan teknologi digital untuk memecahkan masalah lokal dan meningkatkan daya tarik teknologi digital di Jepang.

Menurut laporan Coinpost, upacara penghargaan pemerintah daerah Jepang tahun 2022 ini didukung oleh empat perusahaan teknologi: Indiesquare, Bitflyer Holdings, Tree Digital Studio, dan Tomonari Kogei.

Sebagaimana dicatat dalam laporan tersebut, platform blockchain berbiaya rendah seperti Indiesquare dan Hazama Base digunakan untuk menerbitkan dan mendistribusikan NFT. Sebelumnya, platform ini juga digunakan untuk menerbitkan dan mendistribusikan NFT di sebuah acara yang diadakan oleh Biro Pemuda Partai Demokrat Liberal Jepang.

NFT yang Tidak Dapat Dipindahtangankan

Berdasarkan laporan Coinpost, NFT yang digunakan pemerintah Jepang ini menggunakan teknologi Proof of Attendance Protocol (POAP). Teknologi ini membuat NFT tersebut tidak dapat dipindahtangankan tetapi mudah digunakan sebagai kenang-kenangan dan alat verifikasi.

Pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa 9 walikota di Jepang telah menerima penghargaan NFT. Acara penghargaan ini dihadiri oleh para pejabat pemerintah Jepang sekaligus Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Referensi:

Cameron Thompson. Japan to Invest in Metaverse and NFT Expansion. Diakses tanggal: 07-10-22

Terence Zimwara. Japanese Government Rewards Local Authorities With Non-Transferable NFTs. Diakses tanggal: 07-10-22

Turner Wright. Japanese prime minister says gov’t investment in digital transformation will include Metaverse, NFTs. Diakses tanggal: 07-10-22