Miliarder Crypto Jed McCaleb Investasi $500 Juta untuk Revolusi AI: Langkah Besar Voltage Park!

Miliarder Crypto Jed McCaleb Investasi $500 Juta untuk Revolusi AI: Langkah Besar Voltage Park!

Dunia AI baru saja mendapatkan suntikan energi baru dari seorang tokoh tak terduga. Jed McCaleb, yang dikenal sebagai salah satu pendiri Ripple dan Stellar, melalui organisasi nirlaba yang didirikannya, Voltage Park, telah mengumumkan investasi besar-besaran sebesar $500 juta untuk membangun sebuah kluster komputasi awan yang terdiri dari 24.000 GPU Nvidia H100.

Langkah ini diambil untuk mengatasi kekurangan kapasitas komputasi yang diperlukan untuk pengembangan AI generatif, yang saat ini menjadi tantangan besar bagi inovator AI. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Voltage Park: Pusat Komputasi AI Generatif

voltage park
Sumber: Decrypt

Voltage Park, yang beroperasi di bawah naungan Navigation Fund milik McCaleb, tidak hanya berfokus pada jumlah. Mereka bertujuan untuk membuat infrastruktur Machine Learning (ML) tersedia untuk semua, mulai dari raksasa teknologi hingga startup yang sedang berkembang. Dengan menawarkan akses bare-metal untuk pengguna skala besar, sewa jangka pendek, dan penagihan per jam, Voltage Park muncul sebagai pemain berat dalam arena ML.

Kluster GPU ini, yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia, telah digunakan oleh startup seperti Imbue dan Character.ai untuk eksperimen model AI. Eric Park, CEO Voltage Park, menekankan bahwa tujuan mereka adalah untuk membuka akses bagi startup, organisasi skala-up, dan lembaga penelitian yang saat ini terhalang oleh kontrak yang restriktif, kelangkaan GPU, dan ambang batas pembelian yang tinggi.

Baca Juga: Apakah AI dan Aset Nyata Akan Menjadi Raja Pasar Keuangan?

AI Chip: Solusi untuk Kekurangan Komputasi

ai chip voltage
Sumber: VOI

Kekurangan chip untuk komputasi canggih telah menjadi masalah serius, dengan perusahaan seperti Microsoft dan OpenAI melaporkan kesulitan dalam mendapatkan perangkat keras server yang diperlukan untuk menjalankan AI.

Bahkan, beberapa kartu AI terbaik Nvidia dilaporkan terjual habis hingga tahun 2024. Ini menunjukkan betapa mendesaknya kebutuhan akan solusi seperti yang ditawarkan oleh Voltage Park.

Baca Juga: Alibaba Mengejutkan Dunia dengan AI Canggih! Awal dari Dominasi Global?

Dampak Jangka Panjang Voltage Park pada AI

Voltage Park berencana untuk mulai menyewakan akses ke chip Nvidia mulai Februari 2024. Dengan model akses sewa ini, mereka bermaksud untuk mengatasi kekurangan chip AI. Meskipun ketersediaan pasti masih belum jelas, langkah ini diharapkan dapat memicu gelombang inovasi baru dalam pembelajaran mesin.

Voltage Park memiliki keterkaitan dengan Jed McCaleb, yang meskipun tidak terlibat langsung dalam operasional harian, organisasi nirlaba yang ia dirikan akan menerima semua keuntungan dari Voltage Park. Ini menandakan komitmen McCaleb untuk terus berkontribusi pada kemajuan teknologi, kali ini melalui AI.

Investasi besar-besaran oleh Jed McCaleb melalui Voltage Park menandai langkah signifikan dalam dunia AI, dengan potensi untuk mengubah cara inovasi AI dilakukan dan diakses oleh berbagai kalangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: