Jaringan Kuantum Anti-Peretasan Terbentang di Boston, Jaringan Kuantum Terpanjang di Dunia!

Array

Jaringan Kuantum Anti-Peretasan Terbentang di Boston, Jaringan Kuantum Terpanjang di Dunia!

Jakarta, Pintu News – Fisikawan di Universitas Harvard telah membangun jaringan komunikasi kuantum aman terpanjang di dunia menggunakan kabel serat optik yang sudah ada sepanjang 35 kilometer.

Eksperimen yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature ini menghubungkan dua simpul komputer kuantum fungsional melalui fenomena fisika aneh yang disebut “keterikatan”. Hal ini memungkinkan mereka untuk berbagi data melintasi jarak 35 kilometer dengan paradigma yang, menurut hukum fisika, tidak dapat diretas.

Jaringan Kuantum Terpanjang di Dunia

Saat ini dunia sedang terlibat dalam perlombaan teknologi untuk meningkatkan keamanan komputer global menjelang “Hari-Q”, titik hipotetis dalam waktu dekat ketika aktor jahat akan memiliki akses ke komputer kuantum yang cukup kuat untuk menghancurkan metode enkripsi saat ini.

Sementara lembaga-lembaga besar seperti bank, instalasi militer, dan industri perawatan kesehatan telah mulai mengadopsi protokol untuk melindungi data, saat ini belum ada pengganti fungsional untuk transmisi data.

Pada dasarnya, tidak peduli seberapa terenkripsi data, setiap kali ditransmisikan, ada risiko intersepsi yang tidak diinginkan. Komputer kuantum dan jaringan kuantum berpotensi menghilangkan risiko ini karena sifat penanganan data kuantum.

Baca Juga: Tether, TON, dan Oobit Luncurkan Solusi Pembayaran Kripto Terbaru!

Cara Kerja Jaringan Kuantum

quantum ai
Sumber: Elnfo Chips

Data tidak dapat disalin dalam sistem kuantum. Ini karena data kuantum sangat rapuh. Permutasi sekecil apa pun, termasuk sesuatu yang tidak berbahaya seperti melakukan pengukuran ilmiah sederhana, mengubah data, membuatnya tidak dapat digunakan. Karena data kuantum tidak dapat disalin, data tersebut tidak dapat ditransmisikan dari satu simpul ke simpul lainnya dalam pengertian tradisional.

Sebaliknya, data tersebut harus “terjerat,” di kedua titik. Ini dicapai dengan menggunakan berlian dengan jenis cacat tertentu di “jantungnya” yang memungkinkan para ilmuwan untuk mengeksploitasi ruang hampa untuk melibatkan informasi kuantum. Secara sederhana, mekanika kuantum memungkinkan teleportasi data tetapi bukan transmisi.

Implikasi Jaringan Kuantum

Karena itu, ketakutan besar bukanlah bahwa aktor jahat akan membangun sistem kuantum untuk mencegat data – kita bisa beberapa dekade lagi bahkan dari organisasi musuh yang didanai paling baik yang memiliki akses ke sistem kuantum – tetapi data lama, dienkripsi dengan perlindungan nonkuantum, akan dicuri dari sistem dan transmisi saat ini dan kemudian disimpan untuk dekripsi di kemudian hari ketika aktor jahat dapat menemukan cara untuk mengakses sistem komputer kuantum modern.

Sementara itu, sistem jaringan kuantum eksperimental yang dibangun saat ini suatu hari nanti dapat berfungsi sebagai media utama untuk distribusi data sensitif. Daripada, misalnya, mengirim informasi transaksi keuangan melalui “kabel” perbankan biasa, atau jaringan lama, lembaga dapat menyimpan data di pusat data yang terlindungi dengan baik dan hanya “mengirimkannya” ke lembaga atau pemangku kepentingan lain melalui keterikatan kuantum, di mana sama sekali tidak ada peluang peretasan.

Ini dapat memiliki implikasi besar bagi komunitas keuangan terdesentralisasi, karena gagasan “memiliki” data dapat digulingkan oleh paradigma di mana akses secara tak terpisahkan terbatas pada simpul yang terjerat. Dengan cara ini, dapat dibayangkan bahwa aset digital seperti mata uang crypto dapat diamankan terhadap semua bentuk serangan berbasis jaringan.

Penutup

Keberhasilan demonstrasi simpul jaringan kuantum yang terjerat di lingkungan perkotaan dunia nyata menandai kemajuan signifikan menuju realisasi internet kuantum praktis.

Baca Juga: PEPE: Koin Meme yang Menggebrak Pasar Kripto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array