Jadi FOMO, 1inch Rilis Hardware Wallet Tanpa Celah! Bakal Seperti Apa Ya?

author:

Jadi FOMO, 1inch Rilis Hardware Wallet Tanpa Celah! Bakal Seperti Apa Ya?

Dilansir BeinCrypto (19/1/23), bersamaan dengan meningkatnya permintaan untuk self-custody atau penyimpanan aset crypto mandiri, 1inch Network siap meluncurkan hardware wallet barunya yang diklaim memiliki tampilan ringkas seperti kartu bank. Keren! Kira-kira bakal seperti apa ya?

1inch Hardware Wallet Sudah Ada di Tahap Akhir

Dilansir dari Decrypt (19/1/23), agregator pertukaran terdesentralisasi (DEX), 1inch Network, akan memperluas ekosistem produk dan proyeknya dengan meluncurkan hardware wallet atau dompet perangkat keras multi-koin sendiri.

1inch Hardware Wallet
Sumber: Twitter

Pada 19 Januari 2023, 1inch secara resmi memperkenalkan “1inch Hard Wallet”, dompet perangkat keras yang dikembangkan oleh tim independen yang bekerja di dalam 1inch Network melalui website serta akun Twitter resminya. Didukung oleh hibah dari 1inch Foundation, proyek dompet perangkat keras ini sudah berada di tahap akhir pengembangan, sehingga penjualan hard wallet-nya diharapkan akan dimulai pada akhir tahun ini.

Menurut laporan, hardware wallet yang dikenal juga sebagai cold storage, hadir sebagai perangkat fisik dan dianggap sebagai pilihan terbaik untuk mengamankan mata uang crypto karena dapat menyimpan kunci pribadi pengguna di lingkungan offline yang aman, tanpa adanya potensi serangan dan gangguan online.

Sebagai agregator DEX yang mengidentifikasi perdagangan terbaik, 1inch Network menyediakan tempat untuk menukar token di jaringan Ethereum (ERC-20), BNB Chain (BEP-20), Avalanche, Fantom, dan Polygon.

Lebih lanjut, mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Dompet 1inch yang ada saat ini, hardware wallet crypto akan mendukung set koin yang sama, dengan lebih banyak rantai yang akan ditambahkan secara bertahap di masa depan, ucap salah satu tim pengembang kepada Decrypt.

Baca juga: Pencipta iPod Rancang Hardware Wallet Crypto Seukuran Kartu Kredit, Ini Harganya!

Detail Mengenai 1inch Hardware Wallet

1inch Hardware Wallet
Sumber: 1inch

Mengutip dari laporan Cointelegraph (19/1/23), untuk memberikan keamanan maksimum, 1inch Hardware Wallet sepenuhnya dirancang tanpa celah udara, yang berarti tidak memiliki koneksi langsung ke internet dan tidak memerlukan koneksi kabel apa pun.

“Tidak memiliki tombol apapun, semua data akan dipertukarkan menggunakan kode QR atau, secara opsional, dengan NFC,” kata 1inch, di laporan Cointelegraph.

Secara unik, dompet perangkat keras yang segera diluncurkan ini akan memiliki ukuran seperti kartu bank, menampilkan layar sentuh skala abu-abu E-Ink 2,7 inci dengan 5 warna yang tersedia, yakni hex, graphite, sierra blue, silver dan alpine green. Selain itu, dompet crypto ini akan tahan air, dilengkapi dengan permukaan Gorilla Glass 6, yang tahan terhadap kerusakan dan rangka baja tahan karat. Perangkat ini juga mendukung pengisian daya nirkabel, dengan baterai Li-Po yang dirancang untuk bertahan selama kurang lebih dua minggu penggunaan.

Demi mencegah serangan peretas dan pencurian dana, dalam laman resminya, 1inch menyatakan bahwa mereka akan melakukan penguraian transaksi penuh dan melakukan analisis data secara offline. Sehingga, sebuah notif informasi akan segera muncul di perangkat ketika pengguna melakukan transaksi di web ataupun aplikasi seluler.

Menurut salah satu perwakilan dari 1inch, pengembangan 1inch Hardware Wallet dilakukan pada awal 2022, dan akan diluncurkan pada Q4 2023. Sementara itu, perusahaan juga berencana untuk melanjutkan pengembangan serta peningkatan keamanan dalam waktu dekat.

“Bulan depan, kami akan meluncurkan program kontributor, sehingga setiap orang memiliki kesempatan untuk meningkatkan perangkat mereka sendiri,” kata perwakilan 1inch.

Menurut Decrypt, harga 1inch Hardware Wallet akan dijual sekitar $179 sampai $199, atau setara dengan Rp2.7 juta sampai Rp3 juta ($1 = Rp15.137).


Referensi: