Itaú Unibanco Gemparkan Pasar dengan Layanan Trading Bitcoin dan Ethereum!

Itaú Unibanco Gemparkan Pasar dengan Layanan Trading Bitcoin dan Ethereum!

Inovasi terbaru datang dari raksasa perbankan Brasil, Itaú Unibanco, yang kini memperkenalkan layanan trading crypto melalui platform investasinya. Langkah ini menandai era baru bagi industri keuangan digital di Brasil, dengan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) menjadi aset digital pertama yang ditawarkan kepada klien. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Layanan Trading Crypto Itaú Unibanco

Itaú Unibanco, bank terbesar di Brasil, telah resmi meluncurkan layanan trading crypto untuk para nasabahnya. Guto Antunes, kepala aset digital di bank tersebut, mengungkapkan bahwa saat ini layanan tersebut menyediakan Bitcoin dan Ethereum, dengan rencana untuk menambah lebih banyak crypto di masa depan.

Layanan ini merupakan bagian dari upaya bank untuk memenuhi minat yang tinggi dari klien-kliennya terhadap aset digital. Bank ini tidak hanya menyediakan platform trading, tetapi juga bertindak sebagai custodian. Ini berarti Itaú Unibanco akan menyimpan aset crypto untuk kliennya, menambahkan lapisan keamanan ekstra.

Namun, pada tahap awal, nasabah tidak akan bisa melakukan deposit atau penarikan crypto menggunakan dompet digital eksternal. Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan aset klien dalam ekosistem crypto yang masih berkembang.

Baca Juga: OKX Luncurkan Bursa Crypto Lokal dan Platform Dompet Web3 di Brasil!

Kompetisi di Pasar Crypto Brasil

bank brasil
Sumber: Business Insider India

Dengan memasuki pasar crypto, Itaú Unibanco kini bersaing dengan pemain lokal seperti bursa crypto MB dan unit aset digital Mynt dari bank investasi BTG Pactual. Tidak ketinggalan, bank ini juga harus menghadapi persaingan dari entitas global seperti Binance. Namun, dengan peran ganda sebagai custodian, Itaú Unibanco memiliki keunggulan kompetitif yang dapat menarik minat para investor crypto.

Keputusan bank ini muncul setelah dua pemain lokal, XP dan PicPay, memutuskan untuk keluar dari pasar crypto sekitar sebulan yang lalu. Kedua perusahaan tersebut menyebut ketidakpastian regulasi sebagai alasan utama penarikan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pasar crypto di Brasil sedang berkembang, tantangan regulasi tetap menjadi faktor penting yang mempengaruhi dinamika pasar.

Baca Juga: DREX: Mata Uang Digital Baru Brasil yang Siap Ubah Lanskap Keuangan Negara!

Regulasi dan Adopsi Crypto di Brasil

Brasil menempati peringkat kesembilan dalam adopsi crypto secara global, menurut laporan Chainalysis. Pertumbuhan ini telah mendorong Banco Central do Brasil untuk memperketat regulasi dan mengawasi platform crypto. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kejelasan hukum dan meningkatkan kepercayaan investor.

Baru-baru ini, Senat Brasil menyetujui regulasi pajak penghasilan baru untuk transaksi crypto. Jika disahkan oleh Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, warga Brasil yang mendapatkan lebih dari $1.200 dari bursa asing bisa dikenakan pajak hingga 15%. Regulasi ini, yang berpotensi berlaku mulai 1 Januari, akan mempengaruhi warga Brasil yang berinvestasi di bursa asing dan dana investasi dengan pemegang saham tunggal.

Langkah berani Itaú Unibanco memasuki pasar trading crypto menandai babak baru dalam industri aset digital di Brasil. Dengan adopsi crypto yang terus meningkat dan respons regulasi yang berkembang, pasar keuangan digital Brasil siap untuk transformasi yang akan membawa peluang serta tantangan baru bagi para pelaku pasar dan investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: