Revolusi Properti Israel: Bagaimana Teknologi Blockchain Mengubah Wajah Pasar Real Estate?

Revolusi Properti Israel: Bagaimana Teknologi Blockchain Mengubah Wajah Pasar Real Estate?

Israel sedang mempertimbangkan integrasi teknologi blockchain dalam transaksi real estate– nya. Dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, langkah ini dapat mengubah cara kita melihat dan berinteraksi dengan pasar properti. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Israel dan Ambisi Blockchain di Sektor Properti

israel dan ambisi blockchain
Sumber: Verdict

Otoritas Tanah Israel (RAMI) telah mempublikasikan tender untuk konsultan blockchain, menunjukkan ketertarikan yang lebih dari sekadar pendaftaran tanah digital. Rencananya meliputi pembuatan bursa untuk perdagangan properti yang telah ditokenisasi.

Beberapa aplikasi yang diusulkan oleh Otoritas Tanah Israel melalui teknologi blockchain meliputi pendaftaran properti, manajemen lisensi, penjualan dan pembelian properti dengan kontrak pintar, serta pembuatan registry properti nasional berbasis blockchain.

Salah satu aplikasi yang paling menarik adalah tokenisasi properti real estat dan pembuatan bursa nasional di mana token ini dapat diperdagangkan. Namun, untuk memastikan keamanan, pihak ketiga tepercaya perlu mengesahkan operasi tersebut.

Baca Juga: Israel Siap Bebaskan Pajak Keuntungan Modal Crypto untuk Warga Asing!

Manfaat Tokenisasi di Pasar Properti

tokenisasi properti israel
Sumber: The Chain Bulletin

Tokenisasi properti dapat memberikan solusi bagi masalah likuiditas di pasar properti Israel. Dengan tokenisasi, properti dapat dibagi menjadi ratusan token, memungkinkan investor membeli sebagian kecil dari properti.

Roi Karo, Kepala Risiko dan Strategi Fireblocks, menekankan bahwa dengan menokenisasi aset properti, transaksi dapat dilakukan hampir secara instan antara dua pihak di mana saja di dunia.

Selain itu, teknologi blockchain dapat menghilangkan beberapa perantara, yang dapat mengurangi biaya transaksi. Namun, ada kebutuhan untuk pihak ketiga tepercaya untuk memverifikasi detail properti yang mendasari token.

Baca Juga: Revolusioner! Pasar Properti Hong Kong Siap Menuju Tokenisasi

Blockchain di Luar Tokenisasi

Teknologi blockchain dapat memberikan manfaat bahkan tanpa tokenisasi. Salah satunya adalah potensi penggunaan blockchain sebagai registry tanah.

Meskipun banyak yang mempromosikan teknologi ini sebagai pencegah korupsi, masih ada kemungkinan terjadi kesalahan. Namun, teknologi ini membuatnya lebih sulit bagi pihak ketiga untuk melakukan perubahan tanpa diketahui.

Di Inggris, Coadjute menggunakan blockchain untuk proses penjualan properti, memberikan transparansi yang lebih besar bagi semua peserta selama proses penjualan yang panjang dan stres.

Dengan teknologi blockchain, Israel berada di ambang revolusi di sektor real estat. Meskipun ada tantangan yang perlu diatasi, potensi manfaatnya bagi investor dan pemilik properti sangat besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: