Waspada, Pertanyaan Baru IRS Tentang Crypto di Formulir Pajak!

Waspada, Pertanyaan Baru IRS Tentang Crypto di Formulir Pajak!

Apakah kamu sudah siap menghadapi musim pajak tahun ini? Internal Revenue Service (IRS) telah memperbarui pertanyaan tentang aset digital seperti cryptocurrency pada Formulir 1040 dan memperkenalkannya pada form pajak lainnya. Kini, setiap wajib pajak harus memberikan jawaban atas transaksi crypto yang mereka lakukan selama tahun 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perluasan Pertanyaan Crypto oleh IRS

IRS telah menambahkan pertanyaan tentang crypto di form pajak untuk berbagai entitas, termasuk perusahaan dan kemitraan. Pertanyaan ini kini terdapat di Formulir 1041, 1065, 1120, dan 1120S, yang menargetkan estat, trust, kemitraan, serta korporasi C dan S.

Pertanyaan ini harus dijawab dengan “Ya” atau “Tidak” oleh semua wajib pajak, tidak terkecuali. Pertanyaan yang dimodifikasi ini menanyakan apakah selama tahun 2023, kamu menerima crypto sebagai hadiah atau pembayaran, atau menjual dan menukarkan aset digital.

Setiap transaksi yang melibatkan crypto harus dilaporkan, dan ini menandai peningkatan prioritas IRS terhadap transaksi crypto yang semakin populer.

Baca Juga: Tim IRS Melaporkan Peningkatan Tajam Investigasi Pajak Crypto!

Kewajiban Pelaporan dan Konsekuensi Pajak

formulir pajak irs
Formulir Pajak 1040 untuk tahun pengajuan 2023 yang menunjukkan pertanyaan tentang aset digital. Sumber: IRS

Jika kamu menerima, menjual, atau menukar crypto, kamu harus menandai “Ya” dan melaporkan pendapatan terkait. Transaksi ini termasuk penjualan crypto yang dipegang sebagai aset modal, yang harus dilaporkan menggunakan Form 8949 dan Schedule D (Form 1040). Bahkan jika kamu memberikan crypto sebagai hadiah, kamu mungkin perlu mengisi Form 709.

Bagi yang menerima crypto sebagai gaji atau pembayaran untuk layanan independen, nilai crypto harus dilaporkan sebagai pendapatan. IRS menekankan pentingnya pelaporan ini untuk mencegah penggunaan crypto dalam menyembunyikan transaksi dari sistem perbankan tradisional.

Baca Juga: Kontroversi Pajak FTX: Kegelisahan Akibat Tindakan IRS Menggoyang Industri Crypto

Kondisi Pengecualian Pelaporan Crypto

Namun, ada pengecualian bagi mereka yang hanya memiliki crypto namun tidak melakukan transaksi selama tahun 2023. Kamu bisa menandai “Tidak” jika kamu hanya melakukan aktivitas seperti menambang crypto, menerima airdrops, membeli crypto dengan mata uang fiat, atau memindahkan crypto antar dompet yang kamu miliki.

Kegiatan ini tidak memerlukan pelaporan tambahan selama tidak ada transaksi jual, beli, atau tukar yang terjadi. IRS memberikan panduan lebih lanjut di halaman Digital Assets di situs IRS.gov untuk membantu wajib pajak memahami kewajiban mereka.

Kesimpulan

Musim pajak ini membawa tantangan baru bagi pemilik crypto. Dengan pertanyaan baru IRS yang diperluas ke lebih banyak form pajak, penting bagi kamu untuk memahami kewajiban pelaporanmu. Pastikan untuk memeriksa transaksi crypto kamu dan melaporkannya dengan benar untuk menghindari masalah dengan otoritas pajak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi