Irlandia Ditunjuk Jadi Crypto Hub Eropa, Apa Alasannya?

author:

Irlandia Ditunjuk Jadi Crypto Hub Eropa, Apa Alasannya?

Dalam langkah strategis untuk memperkuat posisinya di Eropa, Coinbase, salah satu bursa crypto populer di dunia, memilih Irlandia sebagai pusat operasional dan regulasi di Uni Eropa. Keputusan ini datang di tengah-tengah penerapan regulasi Markets in Crypto-Assets (MiCA) yang akan segera diberlakukan. Simak lebih lanjut, yuk!

Coinbase dan Ekspansi di Irlandia

coinbase irlandia
Sumber: Bank Rate

Coinbase telah memilih Irlandia sebagai pusat operasional dan regulasi di Uni Eropa, dengan tujuan untuk mematuhi kerangka kerja regulasi MiCA yang baru.

Baca juga: Mempeluas Jejak di Asia, Coinbase Dapat Lisensi Pembayaran di Singapura

Bursa ini telah memiliki kantor di Dublin, Irlandia sejak 2018 dan kini berupaya mendapatkan lisensi MiCA dari Bank Sentral Irlandia. Dengan lisensi ini, Coinbase dapat menyediakan layanannya di seluruh 27 negara anggota Uni Eropa tanpa harus mengajukan lisensi terpisah di setiap negara.

Nana Murugesan, Wakil Presiden Internasional Coinbase, menyatakan bahwa perusahaan berencana untuk beroperasi dengan lisensi MiCA sejak “hari pertama” penerapannya.

Regulasi MiCA dan Dampaknya bagi Industri Crypto

penerbit stablecoin ikuti regulasi mica
Sumber: Boxmining

Regulasi MiCA diharapkan mulai diberlakukan pada akhir 2024 dan akan mempengaruhi seluruh industri crypto di Uni Eropa.

Perusahaan yang mendapatkan persetujuan berdasarkan regulasi MiCA dapat menyediakan layanan mereka di seluruh Uni Eropa tanpa harus mengajukan lisensi terpisah di setiap negara anggota.

Coinbase melihat ini sebagai peluang untuk memperluas jangkauannya dan meningkatkan adopsi crypto di seluruh Eropa, terutama dengan dukungan dari Irlandia yang dikenal memiliki lingkungan yang mendukung fintech.

“Kami sangat senang memilih Irlandia sebagai hub MiCA kami. Irlandia memiliki lingkungan politik yang mendukung untuk perusahaan fintech, serta regulator yang dihormati secara global,” kata wakil presiden Coinbase EMEA dan direktur pelaksana regional Daniel Seifert. Dia menambahkan:

“Irlandia adalah yurisdiksi terkemuka di bidang ini, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan regulator di Irlandia, Jerman, dan sekitarnya, untuk membawa industri ini ke potensi penuhnya dengan munculnya MiCA.”

Baca juga: Melangkah Maju, Kini Ripple (XRP) Membidik Lisensi Crypto di Inggris dan Irlandia

Tantangan Coinbase di AS dan Ekspansi Global

Meskipun Coinbase adalah salah satu bursa crypto terbesar di AS, perusahaan ini menghadapi tantangan regulasi di negaranya sendiri. Pasalnya, gugatan dari SEC dan kurangnya regulasi yang jelas di AS mendorong Coinbase untuk memperluas operasinya di tingkat global.

Dengan fokus pada Uni Eropa dan dukungan dari regulasi MiCA, Coinbase melihat peluang besar untuk pertumbuhan dan ekspansi di masa depan.

Keputusan Coinbase untuk memilih Irlandia sebagai pusat operasional dan regulasi di Uni Eropa menunjukkan visi strategis perusahaan dalam menghadapi perubahan regulasi di industri crypto. Dengan dukungan dari Irlandia dan kerangka kerja regulasi MiCA, masa depan Coinbase di Eropa tampak cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: