Perubahan Besar di Ekonomi Internasional? Iran Siap Mengambil Keuntungan!

Perubahan Besar di Ekonomi Internasional? Iran Siap Mengambil Keuntungan!

Seorang pejabat Iran telah menyatakan bahwa Iran akan mendapat manfaat dari mata uang bersama BRICS yang didukung oleh emas.

Lebih lanjut, pejabat tersebut menegaskan bahwa mata uang BRICS semacam itu akan merusak dominasi dolar AS dan menghasilkan peningkatan kekayaan bagi orang Iran yang memiliki emas. “Perubahan luar biasa sedang terjadi di ekonomi internasional,” tegas pejabat tersebut.

Iran dan Manfaat Mata Uang BRICS yang Didukung Emas

Rasoul Mousavi, Asisten Menteri Luar Negeri dan Direktur Jenderal Departemen Asia Selatan Kementerian Luar Negeri Iran, menyatakan bahwa mata uang bersama BRICS yang didukung oleh emas akan menguntungkan Iran dan melemahkan dolar AS.

Baca Juga: 41 Negara Siap Bergabung dengan BRICS: Ketakutan Dolar AS Meningkat!

Komentar pejabat Iran ini mengikuti laporan minggu lalu oleh outlet berita Rusia RT yang mengklaim bahwa Rusia telah mengkonfirmasi pembuatan mata uang bersama yang didukung emas dalam kerangka BRICS.

Implikasi Mata Uang BRICS Terhadap Dominasi Dolar AS

mata-uang-dolar-amerika-paling-stabil
Unsplash

Meskipun Mousavi meyakini bahwa mata uang bersama BRICS yang didukung oleh emas akan menguntungkan Iran dan merusak dominasi dolar AS, blok ekonomi tersebut belum secara resmi mengumumkan rencana untuk menciptakan mata uang seperti itu.

Leslie Maasdorp, wakil presiden dan chief financial officer New Development Bank, juga dikenal sebagai Bank BRICS, menyatakan bahwa pembuatan mata uang BRICS sebagai alternatif untuk dolar AS adalah aspirasi jangka menengah hingga panjang.

Baca Juga: Bangladesh Berpotensi Gabung BRICS, Rumor Permintaan Resmi Menggema, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

Namun, ada keyakinan yang berlaku bahwa pendirian mata uang BRICS yang sukses akan mengurangi dominasi dolar AS.

Blok ekonomi BRICS juga memperluas pengaruhnya dan sedang mempertimbangkan untuk menambah lebih banyak anggota.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: