IPO Circle Siap Guncang Pasar Stablecoin, Apakah USDC Akan Kembali Berjaya?

author:

IPO Circle Siap Guncang Pasar Stablecoin, Apakah USDC Akan Kembali Berjaya?

Dalam suasana pasar yang menurun sejak awal 2023, IPO Circle diharapkan dapat mengembalikan posisinya di pasar dan memberikan dampak signifikan pada ekosistem crypto secara luas.

Langkah ini diambil Circle Internet Financial, perusahaan di balik USD Coin (USDC) — stablecoin terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar — untuk menjadi perusahaan publik.

Apa Arti IPO Ini bagi Circle?

Perjalanan Circle menuju IPO terungkap di tengah pasang surut pasar stablecoin, khususnya untuk stablecoin andalannya, USDC.

Baca juga: Circle, Penerbit USDC, Ajukan Permohonan IPO di Amerika Serikat!

Sumber: CoinMarketCap

Dilansir dari CoinMarketCap, sepanjang 2023, USDC mengalami penurunan kapitalisasi pasar yang signifikan, turun sekitar 35% dari sekitar $43 miliar pada Maret 2023 menjadi $28 miliar per 11 Februari 2024.

Penurunan ini kontras dengan pesaing utamanya, Tether USD (USDT), yang telah mempertahankan kapitalisasi pasar yang kuat di atas $96 miliar dan tumbuh lebih dari 20% sejak awal 2023, memperkuat posisinya sebagai pemain dominan di ruang stablecoin.

Membangun Kepercayaan pada Stablecoin

Persetujuan SEC terhadap 11 ETF Bitcoin (BTC) spot pada Januari 2024, termasuk dari raksasa industri keuangan seperti Grayscale dan BlackRock, mewakili pergeseran signifikan dalam persepsi dan penerimaan aset crypto dalam sistem keuangan tradisional.

Keputusan bersejarah ini tidak hanya melegitimasi Bitcoin sebagai kelas aset tetapi juga membuka pintu untuk investasi institusional dan ritel yang lebih luas. Proyeksi menunjukkan bahwa ETF bisa menarik antara $50 miliar hingga $100 miliar hanya dalam tahun pertama.

Baca juga: USDC Melonjak! Circle Ekspansi ke Celo untuk Pembayaran Lebih Baik

IPO Circle Jalan ke Depan

IPO Coinbase pada 2021 membuat gebrakan bagi bisnis yang berfokus pada crypto untuk memasuki pasar publik dan berfungsi sebagai ukuran minat investor pada saham terkait crypto.

Sementara itu, pasar crypto mengalami rebound kuat pada 2023, didorong oleh kinerja bullish aset utama seperti Bitcoin, yang melonjak lebih dari 150% tahun lalu.

Mengingat preseden yang ditetapkan oleh Coinbase dan pemulihan pasar pada 2023, ditambah dengan peluncuran ETF BTC spot, IPO Circle berpotensi lebih mengintegrasikan aset crypto ke dalam sistem keuangan arus utama.

Namun, penting untuk dicatat bahwa SEC dikenal dengan proses regulasi yang ketat, sehingga sampai Circle menerima lampu hijau, segala diskusi tetap bersifat spekulatif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Forkast News