IOTA Bersiap Upgrade Stardust dan Kemampuan Transaksi yang Luar Biasa!

IOTA Bersiap Upgrade Stardust dan Kemampuan Transaksi yang Luar Biasa!

IOTA, protokol yang terkenal di dunia crypto, kembali membuat gelombang dengan pengumuman upgrade Stardust yang signifikan di mainnet.

Sementara itu, di Comnet testnet, IOTA mencatat hasil mengesankan dalam pengujian stres terbaru. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang apa yang baru dan apa yang diharapkan dari IOTA.

Upgrade Stardust: Langkah Besar Menuju Desentralisasi

IOTA baru saja mengumumkan rencana untuk upgrade mainnet yang signifikan, yang dikenal dengan nama Stardust.

Upgrade ini diharapkan membawa sejumlah perubahan mendasar pada IOTA, termasuk penggantian Coordinator dengan Validator Committee.

Validator Committee ini dirancang untuk membawa tingkat desentralisasi yang lebih tinggi ke jaringan, dengan melibatkan anggota masyarakat umum.

Baca Juga: Kolaborasi HSBC dan Fireblocks: Awal dari Era Baru Perbankan Crypto?

Ini juga diharapkan untuk meningkatkan waktu operasi jaringan dan stabilitas, serta meningkatkan resistensi terhadap sensor.

Meskipun ShimmerNet, jaringan kontrak pintar inti IOTA, masih dalam pengembangan intensif, langkah ini menunjukkan komitmen IOTA untuk meningkatkan pangsa pasarnya dalam ekosistem Web3.0 yang saat ini didominasi oleh pemain besar seperti Ethereum dan Solana.

Hasil Mengesankan dari Pengujian Stres di Comnet Testnet

Dalam pengujian stres terbaru yang dilakukan untuk merayakan rilis perangkat lunak IOTA Hornet Node v.4.0, Comnet testnet mencatat hingga 1.250 transaksi per detik (TPS).

Hasil ini menunjukkan peningkatan signifikan dari pengujian sebelumnya yang mencatat 600 TPS.

Dengan rilis Chrysalis yang akan datang, diperkirakan bahwa throughput di IOTA Tangle bisa meningkat hingga 3.000 hingga 4.000 TPS.

Pengembangan ini menunjukkan potensi besar IOTA untuk menangani volume transaksi yang sangat tinggi, yang merupakan langkah penting menuju penciptaan jaringan pembayaran global yang efisien dan skalabel.

Masa Depan IOTA: Apa yang Dapat Kita Harapkan?

Dengan upgrade Stardust yang akan datang dan pengembangan berkelanjutan pada teknologi Lightning Network, IOTA berada di ambang revolusi besar dalam ekosistem crypto.

Selain itu, pengembangan lebih lanjut dari Chrysalis diharapkan membawa peningkatan signifikan dalam kecepatan transaksi, dengan transaksi yang dikonfirmasi hampir 100% setiap 5 hingga 10 detik.

Baca Juga: Pixels Beralih ke Ronin Blockchain: Awal dari Era Baru Game Web3?

Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi, termasuk masalah skalabilitas dan hambatan regulasi, IOTA terus bergerak maju dengan visi untuk menciptakan solusi pembayaran global yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien.

Paragraf Penutup

Dengan serangkaian inovasi dan pengembangan yang sedang berlangsung, IOTA tampaknya berada di jalur yang benar untuk mencapai visinya menjadi pemimpin dalam ekosistem Web3.0.

Komunitas dan investor IOTA memiliki alasan yang baik untuk bersemangat tentang masa depan yang cerah yang terbentang di depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: