Pengawas Sekuritas Internasional Terbitkan Standar Regulasi Crypto dan Aset Digital

author:

Pengawas Sekuritas Internasional Terbitkan Standar Regulasi Crypto dan Aset Digital

IOSCO atau the International Organization of Securities Commissions, lembaga pengawas sekuritas internasional, baru-baru ini mengungkapkan standar strategi mereka untuk regulasi crypto dan pasar digital secara global.

Hal ini menandai langkah penting dalam pengaturan dan pengawasan industri crypto yang terus berkembang dan semakin populer.

IOSCO Menerbitkan Standar Regulasi Crypto dan Aset Digital

iosco terbitkan standar regulasi crypto
Twitter

IOSCO, sebagai lembaga pengawas sekuritas internasional, memiliki tugas berat untuk menciptakan kerangka kerja regulasi untuk industri crypto yang masih muda. Pasar crypto adalah pasar global, dan oleh karena itu, membutuhkan pendekatan yang koordinasi dan konsisten untuk regulasi.

Dilansir dari Ledger Insights (24/5/23), IOSCO telah menerbitkan standar yang diusulkan untuk regulasi crypto. IOSCO memulai konsultasi yang dapat diakses oleh publik hingga akhir Juli 2023.

Lebih lanjut, standar yang diterbitkan oleh IOSCO membuat 18 rekomendasi untuk aset crypto di enam kategori, termasuk stablecoin. Rekomendasi pertama adalah agar regulasi crypto mencapai hasil yang sama atau konsisten dengan regulasi pasar tradisional.

Menurut laporan, IOSCO ingin mendorong konsistensi yang optimal dalam cara pasar aset crypto dan pasar sekuritas diatur dalam yurisdiksi IOSCO, sesuai dengan prinsip “aktivitas yang sama, risiko yang sama, hasil regulasi yang sama”.

Baca juga: Regulasi Crypto Jadi Pembahasan Utama Para Menteri Keuangan G-7

Sementara itu, dilansir dari laporan BeInCrypto (23/5/23), ketua IOSCO, Jean-Paul Servais, mengatakan bahwa standar-standar yang baru diusulkan ini akan menjadi titik balik yang penting. Servais percaya bahwa standar tersebut akan mengurangi risiko langsung bagi investor dan integritas pasar. Rekomendasi tersebut mencakup kerja sama regulasi lintas batas, hak asuh aset crypto, perlakuan terhadap pelanggan ritel, konflik kepentingan, dan manipulasi pasar.

Rencana Strategis Regulasi Crypto oleh IOSCO

IOSCO telah merinci rencana strategis mereka untuk regulasi crypto dan pasar digital. Rencana ini mencakup sejumlah inisiatif kunci, termasuk pembuatan standar internasional untuk pertukaran crypto dan penanganan risiko terkait keamanan cyber.

Tidak hanya itu, rencana tersebut juga mencakup upaya untuk meningkatkan transparansi dan perlindungan investor dalam pasar crypto. IOSCO berharap bahwa dengan meningkatkan standar regulasi, mereka dapat membantu menciptakan pasar crypto yang lebih aman dan lebih adil.

Selain itu, rencana tersebut juga mencakup kerja sama dengan regulator lain di seluruh dunia. IOSCO mengakui bahwa kerja sama internasional adalah kunci untuk efektivitas regulasi crypto , dan oleh karenanya, mereka berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra mereka di seluruh dunia.

Dampak Potensial dari Strategi Regulasi Crypto IOSCO

Jika berhasil dilaksanakan, strategi regulasi crypto dari IOSCO dapat memiliki dampak yang signifikan pada industri crypto. Dengan regulasi yang lebih baik, pasar crypto bisa menjadi lebih aman dan lebih adil, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepercayaan investor dan pengguna.

Regulasi yang efektif juga bisa membantu mendorong inovasi dalam industri crypto. Melalui aturan yang jelas dan adil, perusahaan dan pengembang dapat berinovasi dengan percaya diri, mengetahui bahwa mereka beroperasi dalam kerangka kerja hukum yang jelas.

Pada akhirnya, pengungkapan strategi regulasi crypto oleh IOSCO menandai langkah penting dalam pengaturan pasar crypto dan digital. Meskipun tantangan yang dihadapi cukup besar, ada harapan yang tinggi bahwa regulasi yang adil dan efektif dapat mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam industri crypto, sekaligus melindungi investor dan pengguna.

Baca juga: Baru! Hong Kong Berencana Mengizinkan Investor Ritel Memperdagangkan Cryptocurrency

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: