IOSCO Rilis Rekomendasi Regulasi Global untuk Pasar Crypto, Apa Dampaknya Bagi Investor?

author:

IOSCO Rilis Rekomendasi Regulasi Global untuk Pasar Crypto, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO) baru-baru ini merilis laporan penting yang berisi rekomendasi kebijakan untuk pasar aset digital dan crypto. Laporan ini diharapkan dapat membentuk pendekatan regulasi global yang seragam untuk mengatasi risiko besar terhadap perlindungan investor dan integritas pasar yang ditimbulkan oleh penyedia layanan aset crypto (CASPs).

Rekomendasi IOSCO untuk Regulasi Pasar Crypto

regualsi crypto global iosco
Tangkapan layar dari rekomendasi kebijakan. Sumber: IOSCO

Dalam laporannya, IOSCO menyoroti enam area kunci yang menjadi fokus dalam regulasi pasar CDA. Area-area ini mencakup konflik kepentingan yang muncul dari integrasi vertikal, manipulasi pasar, perdagangan dalam, penipuan, perlindungan aset klien dan penjagaan, risiko lintas batas, risiko operasional dan teknologi, serta distribusi ritel.

Rekomendasi ini bertujuan untuk membentuk dasar regulasi internasional yang jelas dan kuat, memastikan bahwa CASPs mematuhi standar perilaku bisnis yang berlaku di pasar keuangan konvensional.

Dengan demikian, investor dapat merasa lebih aman dan terlindungi dalam bertransaksi di pasar crypto.

Baca juga: Peraturan Baru Crypto dari Departemen Keuangan AS: Peluang Baru di Dunia Crypto?

Respon Pasar Crypto terhadap Rekomendasi IOSCO

Menanggapi laporan ini, Tuang Lee Lim, Ketua Task Force Fintech Tingkat Dewan IOSCO, menekankan bahwa pendekatan regulasi ini sejalan dengan prinsip dan standar IOSCO yang ada untuk regulasi pasar sekuritas.

Rekomendasi ini mencerminkan strategi yang berfokus pada hasil, dengan prinsip “aktivitas yang sama, risiko yang sama, hasil regulasi yang sama”. Selain itu, rekomendasi ini menetapkan panggung untuk penyesuaian ulang lanskap regulasi crypto, dengan menekankan kerjasama dan konsistensi global.

Langkah kritis selanjutnya melibatkan adopsi dan implementasi langkah-langkah ini untuk memastikan keseragaman regulasi yang optimal di antara negara-negara anggota IOSCO.

Seiring perkembangan industri crypto, panduan IOSCO ini berusaha menciptakan keseimbangan antara inovasi dan perlindungan investor di skala global. Ke depannya, fokus beralih ke adopsi dan implementasi rekomendasi ini di seluruh yurisdiksi anggota IOSCO.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: