Bagaimana iOS 17 Apple Mengubah Lanskap Iklan Web3?

Bagaimana iOS 17 Apple Mengubah Lanskap Iklan Web3?

Apple baru-baru ini meluncurkan iOS 17, yang menyoroti peningkatan fokus pada privasi pengguna. Fitur-fitur baru ini, yang mencakup perlindungan pelacakan tautan, berpotensi mengubah cara iklan Web3 beroperasi, dengan mempengaruhi bagaimana pengiklan melacak perilaku pengguna dan mengevaluasi hasil kampanye pemasaran mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fitur Privasi iOS 17

fitur privasi apple ios 17
Sumber: Apple

Dilansir dari BeInCrypto, fitur privasi utama iOS 17 adalah keputusan Apple untuk menghapus parameter pelacakan URL dari tautan yang diakses melalui berbagai aplikasi, termasuk Mail, Message, dan Safari Private Browsing.

Sebelumnya, pengiklan Web3 menggunakan parameter pelacakan URL untuk mengikuti perilaku konsumen di berbagai situs web setelah mengklik tautan, memberikan data berharga untuk merancang strategi penargetan yang efektif.

Dengan Perlindungan Pelacakan Tautan iOS 17, informasi yang dapat mengidentifikasi pengguna dalam URL ini akan hilang, namun tautan tersebut tetap berfungsi sepenuhnya untuk konsumen. Fitur ini dapat secara mendasar mengubah bagaimana pengiklan crypto melacak keterlibatan pengguna dan menilai hasil kampanye pemasaran.

Baca Juga: Apple Kembangkan Chatbot AI Baru, Siap Saingi ChatGPT dari OpenAI?

Dampak pada Iklan Web3

Dengan iOS 17, sektor periklanan Web3 mungkin kembali bersiap untuk pergeseran yang signifikan, terutama bagi pengiklan crypto yang sangat bergantung pada parameter pelacakan URL.

Namun, ada harapan bahwa dampak pada pemasaran email mungkin tidak sebesar yang ditakuti. Kuncinya adalah memahami parameter URL spesifik mana yang ditargetkan oleh iOS 17 dan merancang strategi untuk menghindari potensi kehilangan data.

Apple juga akan mewajibkan pengembang aplikasi untuk membenarkan penggunaan antarmuka pemrograman aplikasi (API) mereka. Mereka yang gagal memberikan alasan yang memadai berisiko dikeluarkan dari App Store. Ini akan lebih menghambat pengiklan dari pelacakan pengguna secara diam-diam, memperbesar tantangan yang diperkenalkan oleh iOS 17.

Baca Juga: Setelah Mengumumkan Vision Pro, Apple Mengakusisi Perusahaan Startup AR

Menavigasi Norma Baru

Perusahaan tersebut sedang memperluas solusi Pengukuran Klik Pribadi mereka, alternatif yang sadar privasi untuk atribusi iklan. Fitur ini, yang tersedia untuk Safari Private Browsing, dapat memberikan sedikit kelonggaran bagi pengiklan crypto dan Web3 yang berusaha menjembatani kesenjangan data.

Di akhir, kelincahan dan adaptabilitas akan menjadi sangat penting, menekankan sentimen yang mungkin menjadi landasan bagi iklan Web3. Meski tantangan yang ada, pengiklan harus proaktif dalam mengumpulkan data pihak pertama dengan mendapatkan persetujuan pengguna dan mengevaluasi seberapa sering data pihak ketiga digunakan.

Dengan peluncuran iOS 17, Apple menunjukkan penekanan yang semakin besar pada privasi pengguna. Bagaimana ini akan mempengaruhi iklan Web3 dan strategi pemasaran di masa depan masih harus dilihat. Namun, yang jelas adalah bahwa adaptabilitas dan inovasi akan menjadi kunci dalam menavigasi perubahan ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: