Io.net Berhasil Tangkal Serangan Siber yang Mengancam Keamanan Jaringan GPU

Io.net Berhasil Tangkal Serangan Siber yang Mengancam Keamanan Jaringan GPU

Jakarta, Pintu News – Io.net, sebuah jaringan infrastruktur fisik terdesentralisasi (DePIN), baru-baru ini mengalami pelanggaran keamanan siber. Pengguna jahat mengeksploitasi token ID pengguna yang terekspos untuk mengeksekusi serangan injeksi bahasa kueri sistem (SQL), yang menyebabkan perubahan tidak sah dalam metadata perangkat dalam jaringan unit pemrosesan grafis (GPU). Simak berita lengkapnya disini!

Serangan Siber pada Io.net

Serangan siber ini pertama kali terdeteksi pada tanggal 25 April dini hari ketika sistem keamanan Io.net melihat aktivitas mencurigakan yang melibatkan perubahan yang dilakukan pada metadata GPU. Kepala keamanan Io.net, Husky.io, dengan cepat menerapkan langkah-langkah keamanan baru untuk melindungi jaringan.

Meskipun peretas dapat memanipulasi beberapa data perangkat, mereka diblokir untuk mengakses perangkat keras GPU yang sebenarnya berkat izin keamanan berlapis-lapis Io.net. Peningkatan keamanan utama termasuk pemindaian, peningkatan pencatatan upaya akses tidak sah, dan beralih ke metode autentikasi pengguna yang lebih kuat.

Baca Juga: Revolusi Baru di Dunia Crypto: Ionet, Jaringan GPU yang Didukung oleh Chip Apple!

Dampak Serangan Siber

Pasca serangan, masalah dengan program hadiah Io.net bertepatan dengan pelanggaran tersebut, menyebabkan penurunan sementara dari 600.000 menjadi hanya 10.000 koneksi GPU aktif. Namun, Io.net telah meluncurkan program hadiah baru untuk mendorong lebih banyak pemilik perangkat untuk berpartisipasi saat berupaya meningkatkan dan menyambungkan kembali sistem.

Io.net juga berencana untuk mengintegrasikan perangkat keras chip silikon Apple pada bulan Maret untuk meningkatkan layanan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesinnya.

Baca Juga: BlockDAG: Investasi Crypto 2024 dengan Potensi ROI 3.233%

Langkah Penanganan Io.net

langkah penanganan ionet
Sumber: Akun X Hushky Io

Hushky.io, kepala keamanan Io.net, menanggapi dengan cepat dengan tindakan perbaikan dan peningkatan keamanan untuk melindungi jaringan. Untungnya, serangan itu tidak membahayakan perangkat keras GPU yang sebenarnya, yang tetap aman karena lapisan izin yang kuat.

Langkah-langkah keamanan yang diperkuat termasuk pemeriksaan injeksi SQL pada API dan peningkatan pencatatan upaya yang tidak sah. Selain itu, solusi autentikasi khusus pengguna menggunakan Auth0 dengan OKTA dengan cepat digunakan untuk mengatasi kerentanan yang terkait dengan token otorisasi universal.

Kesimpulan

Io.net telah mengambil langkah cepat dan efektif untuk menanggulangi serangan siber yang mengancam keamanan jaringan GPU. Dengan menerapkan peningkatan keamanan dan bekerja sama dengan pemasok untuk meningkatkan, memulai ulang, dan menyambungkan kembali perangkat ke jaringan, Io.net berupaya memulihkan layanan dan memastikan integritas platformnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi