Investor Tarik Ratusan Juta Dolar dari Tether (USDT), Apa yang Terjadi?

author:

Investor Tarik Ratusan Juta Dolar dari Tether (USDT), Apa yang Terjadi?

Tether USD (USDT), stablecoin dengan kapitalisasi pasar dan volume pertukaran terbesar, mengalami penarikan dana besar-besaran oleh investor. Pada tanggal 8 Agustus 2023, dalam 24 jam terakhir, lebih dari $335 juta telah ditarik, menandakan perubahan signifikan dalam dinamika pasar.

Penarikan Dana Masif dari USDT

Menurut laporan dari reporter crypto terkenal, Colin Wu, pada tanggal 8 Agustus 2023, investor telah menarik lebih dari $335 juta dari posisi USDT mereka.

Paolo Ardoino, CTO di Tether Holdings Inc. dan Bitfinex, sebelumnya melaporkan penarikan USDT senilai lebih dari $325 juta. Ia menjelaskan bahwa saat seseorang menarik USDT, berarti mereka ingin mendapatkan kembali fiat (USD).

Baca juga: Tether (USDT) Rilis Software Penambangan Bitcoin yang Revolusioner!

Market cap USDT – Sumber: CoinMarketCap

Penurunan kapitalisasi pasar Tether yang tajam mencerminkan penarikan ini, dengan kehilangan sekitar $0,33 miliar dalam satu gerakan, dari $83,81 miliar menjadi $83,48 miliar, berdasarkan data yang diambil dari CoinMarketCap pada tanggal 8 Agustus 2023.

Stablecoin dan Dinamika Pasar

Berbeda dengan crypto lainnya, stablecoin seperti USDT dirancang untuk memiliki harga yang stabil dalam USD, dipegang 1:1 dengan dolar AS. Oleh karena itu, indeks kapitalisasi pasarnya biasanya mencerminkan jumlah koin yang beredar.

Ketika kapitalisasi pasar meningkat, biasanya berarti lebih banyak USDT yang beredar, dengan investor menukar dolar fiat mereka dengan token Tether. Sebaliknya, penurunan kapitalisasi pasar biasanya menunjukkan bahwa investor membakar USDT mereka untuk mendapatkan USD di sistem perbankan tradisional.

Penarikan ini terjadi di tengah peluncuran stablecoin baru di pasar oleh pesaing besar. PayPal telah mengumumkan peluncuran PayPal USD (PYUSD), sebuah stablecoin yang dipegang dengan dolar AS dan dikeluarkan oleh Paxos Trust Company di blockchain Ethereum, pada tanggal 7 Agustus 2023.

Baca juga: Selagi Market Cap USDT Melonjak, Bagaimana Kabar USDC?

Bagaimana Cara Menukar USDT dengan Tether?

Paolo Ardoino juga menyebutkan bahwa ada beberapa ‘ketakutan, ketidakpastian, keraguan’ (FUD) mengenai kemampuan pengguna untuk menukar uang mereka di Tether Holdings Inc.

redeem usdt
Sumber: Twitter

CTO tersebut menjelaskan bahwa proses onboarding Tether berlangsung seperti biasa, tetapi memerlukan investor untuk memenuhi beberapa kondisi, seperti proses identifikasi Known Your Customer (KYC) dan informasi dasar seperti sumber dana.

“Karena Tether bergantung pada jaringan mitra perbankan yang kuat, penting untuk memastikan memiliki KYC/AML yang tepat sebelum menerima pelanggan. Jika tidak melakukannya, akan menempatkan semua pengguna Tether dalam risiko,” kata Paolo Ardoino.

Dengan penarikan dana besar-besaran dari USDT, pasar crypto mungkin akan melihat perubahan dinamika dalam waktu dekat. Bagi investor, penting untuk tetap memperhatikan dan memahami pergerakan pasar sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: