Survei: 60% Investor Percaya Bahwa ETH Memiliki Potensi Pertumbuhan yang Lebih Baik Daripada BTC

author:

Survei: 60% Investor Percaya Bahwa ETH Memiliki Potensi Pertumbuhan yang Lebih Baik Daripada BTC

Menurut CoinMarketCap, pasar crypto memulai tahun baru 2023 dengan positif, dilihat dari meningkatnya volume serta volatilitas. Lalu, bagaimana kabar koin terkemuka seperti BTC atau ETH dalam memulai tahun ini? Dilansir dari Crypto Slate (30/1/23), Survei CoinShares baru-baru ini mengungkapkan bahwa 60% investor percaya bahwa ETH memiliki prospek pertumbuhan yang lebih menarik daripada BTC. Kok bisa? Simak kelanjutannya di bawah ini.

ETH Raih Peringkat Pertama di Survei

Menurut laporan Stockhead (30/1/23), ketika pasar crypto meningkat menjelang beberapa tanggal penting terkait keuangan-makro dan Fed minggu ini, survei dari salah satu media bernama CoinShares menunjukkan bahwa Ethereum (ETH) adalah koin yang paling diminati oleh para investor.

Menurut laporan terbaru dari CoinShares, salah satu grup investasi dan perdagangan aset digital terbesar di Eropa, Ethereum (ETH), yang menempati nomor dua berdasarkan kapitalisasi pasar, telah mengalami “peningkatan dramatis dalam sentimen investor”.

Survei yang dilakukan ini telah melibatkan 43 investor yang mengelola total aset senilai $390 miliar. Di antara para peserta, mereka yang diidentifikasi sebagai Manajer Kekayaan (25%) dan Kantor Keluarga (25%) menyumbang setengah dari kelompok tersebut. Sebanyak 22% dan 17% lainnya diidentifikasi sebagai Hedge Fund dan Institusional.

Baca juga: Selagi Menunggu Ethereum Shanghai, Pengembang Ethereum Uji ‘Shadow Fork’

Perubahan Dari Tahun ke Tahun

Koin ETC Kalahkan BTC
Koin dengan prospek pertumbuhan yang paling menarik – Sumber: CoinShares

Survei ini dilakukan pada 29 Desember 2022 dan berakhir minggu lalu, pada 23 Januari 2023. Hasil dari survei tersebut menyatakan 60% investor memilih ETH dan 30% memilih BTC sebagai koin yang berpotensi mengalami pertumbuhan lebih baik.

Mengutip dari Crypto Slate, dapat dilihat bahwa sebagian besar investor beralih dari BTC ke ETH ketika membandingkan hasil terbaru dengan hasil dari tahun 2022. Kolom biru pada grafik di atas menunjukkan hasil terbaru, sedangkan tanda merah menunjukkan hasil dari survei tahun lalu. Di tahun 2023, grafik menunjukan adanya peningkatan pada koin ETH sebanyak 30%, sedangkan BTC mengalami penurunan hasil voting sebanyak 10%.

Mencakup 43 investor yang cukup besar dalam pemilihannya, data CoinShares membagikan, “Saat ini, tidak banyak investor besar yang mengekspresikan pandangannya tentang aset digital lain selain BTC dan ETH.”

Aset Digital Dalam Portofolio

Aset Digital Dalam Portofolio
Posisi portofolio – Sumber: CoinShares

Menurut data di atas, angka terakhir menunjukkan bahwa aset digital menyumbang 1,1% dari portofolio, yang menandai peningkatan signifikan dari tahun lalu yang hanya 0,7%. Sementara itu, Hedge Funds telah meningkatkan investasi mereka dalam aset digital. Di sisi lain, investor institusional mengurangi aset digital mereka hingga di bawah 1%, menurut data CoinShares.


Referensi: