Investor OpenAI Desak Kembalinya Sam Altman Sebagai CEO, Apakah Microsoft Akan Berperan?

Investor OpenAI Desak Kembalinya Sam Altman Sebagai CEO, Apakah Microsoft Akan Berperan?

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, investor kunci di OpenAI dikabarkan tidak setuju dengan keputusan dewan direksi untuk memecat CEO Sam Altman. Mereka kini berupaya mendesak pengembalian Altman sebagai CEO, dengan Microsoft, pemegang saham terbesar OpenAI, menjadi pion utama dalam drama ini.

Kontroversi Pemecatan Sam Altman

Pada 17 November, OpenAI mengumumkan pemecatan Altman sebagai CEO, dan posisinya digantikan oleh Mira Murati, chief technology officer perusahaan. Dewan direksi mengklaim bahwa komunikasi Altman kurang jelas dan jujur, sehingga sulit untuk memahami operasional perusahaan secara menyeluruh.

Baca Juga: Setelah Dipecat, Investor OpenAI Terus Dorong Kembalinya Sam Altman Sebagai CEO

Keputusan ini mendapat kritik dari beberapa investor OpenAI, yang kini berusaha untuk mengembalikan Altman ke posisi CEO. Tidak lama setelah pemecatan Altman, Greg Brockman, presiden OpenAI, juga mengundurkan diri. Kepergiannya diikuti oleh tiga peneliti senior OpenAI, menambah daftar kepergian penting dalam perusahaan.

Peran Microsoft dan Masa Depan OpenAI

microsoft era baru ai
Sumber: The Hans India

Microsoft, sebagai pemegang saham terbesar OpenAI, berada di tengah-tengah kontroversi ini. Beberapa investor OpenAI dikabarkan telah menghubungi Microsoft untuk mendukung pengembalian Altman. CEO Microsoft, Satya Nadella, dikabarkan mendukung keputusan apa pun yang diambil Altman, mengingat pemecatannya juga mengejutkan Nadella.

Namun, meski ada desakan untuk kembali, Altman dikabarkan sedang mengembangkan usaha AI baru. Bahkan, ada laporan yang menunjukkan bahwa Brockman akan bergabung dengan Altman dalam usaha baru ini.

Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Situasi ini semakin rumit dengan laporan bahwa Altman bersedia kembali ke perusahaan, dengan syarat dewan direksi saat ini mundur pada akhir pekan. Namun, apakah ini akan terjadi masih belum jelas.

Jika Altman dan Brockman tidak kembali ke OpenAI, mereka dikabarkan akan mengumpulkan modal untuk startup baru. Ini tentu akan menjadi pukulan besar bagi OpenAI, yang saat ini sedang berjuang dengan dampak dari keputusan kontroversial mereka.

Paragraf Penutup

Dengan semua kontroversi dan perubahan ini, masa depan OpenAI tampaknya sedang digantung. Apakah Altman akan kembali sebagai CEO, atau apakah dia akan melanjutkan dengan usaha AI baru, masih harus kita tunggu dan lihat.

Baca Juga: OpenAI Siap Rilis Model AI Open Source Baru, Bakal Seperti Apa?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi