Investor Crypto di Eropa Tak Lagi Dilindungi Negara. Kabar Baik atau Buruk?

Investor Crypto di Eropa Tak Lagi Dilindungi Negara. Kabar Baik atau Buruk?

Investor crypto di Eropa harus siap untuk kehilangan semua uang yang mereka investasikan dalam aset crypto hingga setidaknya akhir 2024, dan bahkan mungkin hingga pertengahan 2026.

Otoritas Pasar dan Sekuritas Eropa (ESMA) telah mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa perlindungan investor crypto berdasarkan regulasi pasar dalam aset Crypto (MiCA) tidak akan berlaku hingga waktu tersebut.

Perlindungan Investor Crypto Tertunda

Perlindungan Investor Crypto Tertunda
ESMA

ESMA menekankan bahwa perlindungan investor crypto berdasarkan MiCA tidak akan berlaku hingga setidaknya Desember 2024.

Bahkan setelah Desember 2024, tidak ada jaminan bahwa investor akan sepenuhnya dilindungi oleh MiCA hingga 2026.

Setelah MiCA berlaku untuk penyedia layanan aset crypto pada akhir 2024, negara anggota masih memiliki opsi untuk memberikan penyedia layanan crypto periode transisi tambahan 18 bulan yang memungkinkan mereka beroperasi tanpa lisensi.

Baca Juga: Apa Itu Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), Yuk Pelajari!

Ini berarti bahwa pemegang aset crypto dan klien penyedia layanan aset crypto mungkin tidak mendapatkan hak dan perlindungan penuh yang diberikan kepada mereka di bawah MiCA hingga setidaknya 1 Juli 2026.

Sebagian besar otoritas nasional akan memiliki kekuatan terbatas untuk mengawasi mereka yang mendapatkan manfaat dari periode transisi, tergantung pada hukum setempat.

Investor Eropa Harus Siap

Investor ritel harus menyadari bahwa mereka tidak lagi dilindungi bahkan setelah MiCA diimplementasikan.

“Apakah kamu mampu kehilangan semua uang yang kamu rencanakan untuk investasikan?” tanya ESMA, menambahkan bahwa aset crypto rentan terhadap “risiko operasional dan keamanan yang baru”.

Baca Juga: Apa itu Uni Eropa? Sejarah, Dampak dan Perannya Bagi Ekonomi Dunia

Perlindungan penuh mungkin tidak tersedia di negara-negara anggota UE yang memberikan periode transisi 18 bulan bagi perusahaan crypto untuk beroperasi tanpa lisensi UE, yang berarti pelanggan mungkin tidak akan dilindungi hingga Juli 2026.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi