Melawan Larangan Pemerintah, Investor Crypto China Raup Keuntungan $1 Miliar!

author:

Melawan Larangan Pemerintah, Investor Crypto China Raup Keuntungan $1 Miliar!

Meskipun dihadapkan pada larangan keras dari pemerintah, investor crypto di China berhasil meraih keuntungan mencengangkan sebesar $1,15 miliar pada tahun 2023.

Keberhasilan ini menempatkan mereka di urutan keempat di dunia, di belakang investor dari Amerika Serikat, Inggris, dan Vietnam, menurut survei internasional yang diterbitkan oleh firma riset blockchain Chainalysis yang berbasis di New York.

Peningkatan Peringkat dan Keuntungan Signifikan

Sumber: Chainalysis

China naik satu peringkat dari survei Chainalysis sebelumnya yang diterbitkan pada tahun 2021, selama pasar bull crypto terakhir.

Baca juga: Investor Crypto Raup Keuntungan $37,6 Miliar di 2023: Indonesia Berada di Urutan Nomor 5!

Pada saat itu, investor China meraih keuntungan lebih dari $5 miliar. Meskipun menghadapi larangan pemerintah, komunitas penggemar crypto di China terus berkembang, menunjukkan ketahanan dan keuletan yang luar biasa dalam menghadapi pembatasan.

Investor crypto di Hong Kong juga mencatat keuntungan sebesar $250 juta pada tahun lalu, menurut Chainalysis.

Meskipun ada penurunan dari $1,3 miliar pada tahun 2021, angka ini masih menunjukkan aktivitas yang signifikan di wilayah tersebut.

Tantangan dan Strategi Mengatasi Larangan

Meskipun menghadapi larangan pemerintah yang ketat terhadap semua aktivitas yang terkait dengan aset virtual, perdagangan crypto melalui sejumlah bursa besar tetap aktif di daratan China.

Penggemar lokal menggunakan berbagai solusi untuk menghindari pembatasan yang diterapkan secara longgar.

Bursa-bursa tersebut, termasuk Binance, telah memungkinkan perdagangan oleh pengguna daratan, meskipun ada peringatan di situs mereka terhadap aktivitas semacam itu.

Kenaikan harga crypto baru-baru ini juga telah memicu peringatan baru dari media pemerintah China, menekankan risiko yang melekat pada aset digital.

Baca juga: China Dikabarkan akan Memperkenalkan Perubahan Signifikan pada AML Crypto!

Prospek Masa Depan dan Dukungan untuk Hong Kong

Sebaliknya, Beijing telah menyatakan dukungan untuk tujuan Hong Kong menjadi pusat utama untuk aset virtual. Kota ini telah mengambil langkah untuk memungkinkan investor ritel berdagang aset virtual di platform berlisensi.

Tren positif tahun 2023 telah berlanjut ke tahun 2024, dengan bitcoin mencapai rekor tertinggi baru seiring dengan aktivitas ETF bitcoin spot di AS dan adopsi institusional yang meningkat.

Pada akhirnya, keberhasilan investor crypto China dalam meraih keuntungan besar di tengah larangan pemerintah menunjukkan ketangguhan dan adaptasi komunitas crypto di negara tersebut.

Dengan terus berkembangnya ekosistem crypto global, komunitas China dan Hong Kong terus menunjukkan bahwa mereka tetap menjadi pemain kunci dalam lanskap crypto global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: