Tim IRS Melaporkan Peningkatan Tajam Investigasi Pajak Crypto!

author:

Tim IRS Melaporkan Peningkatan Tajam Investigasi Pajak Crypto!

Apakah kamu tahu bahwa hampir 50% investigasi crypto di tahun 2022 berkaitan dengan masalah pajak? IRS mengungkapkan bahwa fokus investigasi kini bergeser dari pencucian uang ke pelanggaran pajak, termasuk laporan pendapatan dari keuntungan modal crypto dan aktivitas penambangan yang tidak dilaporkan.

Investigasi Pajak Crypto Meningkat Tajam

laporan pajak irs
Sumber: X

IRS mencatat peningkatan signifikan dalam investigasi pajak yang berkaitan dengan crypto. Menurut laporan tahunan IRS, unit investigasi kriminal telah memulai lebih dari 2.676 kasus dengan temuan lebih dari $37 miliar yang terkait dengan kejahatan pajak dan finansial pada tahun fiskal 2023.

Baca juga: Otoritas Pajak Dunia Kian Gencar Kejar Pajak Crypto, Kabar Baik atau Ancaman?

Kasus-kasus yang ada meliputi pendapatan yang tidak dilaporkan akibat kegagalan melaporkan keuntungan modal dari penjualan crypto, pendapatan dari penambangan crypto, atau pendapatan yang diterima dalam bentuk crypto seperti gaji, pendapatan sewa, dan kemenangan judi.

Tidak hanya itu, kasus-kasus tersebut juga mencakup pelanggaran penghindaran pembayaran pajak, di mana wajib pajak gagal mengungkapkan kepemilikan crypto dalam upaya menyembunyikan aset.

Jim Lee, kepala divisi investigasi kriminal IRS, menegaskan bahwa meskipun kebanyakan orang menggunakan crypto untuk tujuan yang sah, aset digital ini juga berisiko digunakan untuk pendanaan terorisme, serangan ransomware, dan aktivitas ilegal lainnya.

Kerangka Baru Pajak Crypto oleh IRS

IRS tengah berjuang untuk menyusun kerangka kerja baru untuk pajak crypto. Pada akhir Oktober 2023, IRS memperpanjang periode komentar terkait persyaratan pelaporan pajak crypto hingga 25 Januari 2024. Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap jumlah komentar yang signifikan dari berbagai pihak.

Aturan yang diusulkan, yang diterbitkan pada 19 Oktober 2023, bertujuan untuk mengimplementasikan ketentuan dari American Families Plan Act of 2023 yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden pada Agustus. Aturan ini akan mengharuskan bursa crypto dan perantara lainnya untuk melaporkan informasi tentang transaksi aset digital senilai lebih dari $10,000 kepada IRS dan wajib pajak.

Lebih lanjut, aturan ini juga akan mengharuskan bisnis crypto untuk memverifikasi identitas pelanggan mereka dan memelihara catatan transaksi mereka.

Baca juga: Pajak Crypto: Lonjakan Kasus Penggelapan Pajak Crypto di Amerika yang Mengejutkan!

Peran Penting IRS dalam Kasus Binance

volume trading binance
Unchained Crypto

Unit IRS berperan penting dalam kasus kriminal terhadap Binance dan eksekutifnya. Pendiri bursa tersebut, Changpeng Zhao, mengaku bersalah karena melanggar hukum anti pencucian uang AS sebagai bagian dari penyelesaian sebesar $4,3 miliar. Namun, tidak ada detail spesifik yang diberikan mengenai upaya unit tersebut dalam masalah ini.

Sementara itu, IRS terus berupaya meningkatkan kepatuhan pajak dan transparansi di sektor crypto, serta mencegah pencucian uang dan aktivitas ilegal lainnya. Sejak meningkatkan upaya untuk menyelidiki kejahatan yang melibatkan crypto pada tahun 2015, IRS telah menyita lebih dari $10 miliar dalam aset digital.

Dengan meningkatnya perhatian IRS terhadap pelaporan dan kepatuhan pajak dalam dunia crypto, penting bagi kamu untuk menyadari kewajiban pajakmu. Pastikan untuk melaporkan semua transaksi crypto dan kepemilikan aset digitalmu untuk menghindari risiko investigasi dan sanksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: