Investasi Web3 Gaming dan Metaverse Melonjak hingga $297 Juta pada Juli 2023

author:

Investasi Web3 Gaming dan Metaverse Melonjak hingga $297 Juta pada Juli 2023

Investasi di sektor Web3 gaming dan Metaverse mengalami lonjakan signifikan pada Juli 2023, mencapai $297 juta. Menurut laporan dari DappRadar dan Blockchain Game Alliance, peningkatan ini menunjukkan minat yang tumbuh pada proyek-proyek inovatif di ruang gaming blockchain dan realitas virtual.

Dominasi Blockchain Gaming

Selama bulan Juli 2023, blockchain gaming mendominasi aktivitas dApp on-chain dengan kontribusi sebesar 41%. Sebanyak 712,611 dompet aktif unik harian (dUAW) tercatat, menunjukkan keterlibatan yang kuat di segmen ini.

Menurut laporan Blockworks, pada bulan Juli, proyek-proyek infrastruktur ternyata mendapatkan sebagian besar investasi, yaitu sebesar $187 juta, atau 63% dari total dana yang dialokasikan.

investasi proyek game web3
Investasi dalam proyek game Web3 – Sumber: DappRadar

Sementara itu, investasi untuk game dan inisiatif metaverse mencapai $110 juta, atau 37% dari keseluruhan pemasukan keuangan.

Platform gaming blockchain WAX muncul sebagai pemimpin dengan 300,325 dUAW. Meskipun demikian, volume perdagangan Genkai NFTs mengalami penurunan, dengan harga dasar NFT Genkai turun sebesar 24% dari nilai cetakannya.

Baca juga: Pasar NFT Naik 6,59% dalam Seminggu dengan Ethereum yang Mendominasi

Momentum Gaming di Arbitrum

Momentum di Web3 gaming diperkuat dengan adopsi Arbitrum yang meningkat. Mighty Bear Games berhasil beralih dari Polygon ke Arbitrum, menunjukkan potensi manfaat dari transisi ini.

TreasureDAO mencatat volume transaksi lebih dari $842,000 dari 73,580 transaksi dalam satu bulan, menunjukkan preferensi yang bergeser ke platform yang menawarkan skalabilitas dan pengalaman pengguna yang ditingkatkan.

Tren Investasi di Web3 Gaming dan Metaverse

Dari total investasi $297 juta yang masuk ke sektor web3 gaming dan Metaverse, 63% dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur. Hal ini menekankan pentingnya fondasi teknologi dalam membentuk masa depan gaming Web3 dan pengalaman Metaverse.

Sementara itu, volume perdagangan di segmen metaverse mencapai titik terendah dalam setahun pada Juli 2023, dengan volume perdagangan sebesar $5,6 juta.

Seiring berkembangnya sektor Web3 gaming dan Metaverse, tren investasi ini memberikan wawasan berharga tentang dinamika yang muncul dan potensi arah dari ruang yang berkembang pesat ini. Dengan dominasi gaming blockchain, fluktuasi tren NFT, dan investasi yang sebagian besar diarahkan ke infrastruktur, bulan-bulan mendatang menjanjikan inovasi dan pertumbuhan di persimpangan gaming dan teknologi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: