Deretan Investasi Terbesar di Startup AI 2023: Siapa Pemimpinnya?

Deretan Investasi Terbesar di Startup AI 2023: Siapa Pemimpinnya?

Tahun 2023 menjadi saksi bisu gebrakan besar-besaran di dunia startup kecerdasan buatan (AI). Dengan total investasi yang melampaui $16 miliar, para raksasa teknologi berlomba-lomba menanamkan modal mereka. Inilah momen di mana kamu akan terkejut mengetahui siapa saja yang berada di garis depan revolusi AI tahun ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Investasi Terbesar oleh Amazon dan Google

amazon dan google
Sumber: The Street

Anthropic, startup asal San Francisco, mencatatkan diri sebagai penerima investasi terbesar dengan dana segar sebesar $4 miliar dari Amazon. Kesepakatan ini tidak hanya memberikan suntikan dana, tetapi juga memberikan Amazon hak kepemilikan minoritas. Dengan investasi awal sebesar $1,25 miliar, kedua belah pihak memiliki opsi untuk menambahkan dana hingga $2,75 miliar.

Di posisi kedua, Anthropic kembali mendapatkan suntikan dana, kali ini dari Google sebesar $2 miliar. Google mengucurkan $500 juta di awal dengan janji tambahan dana sebesar $1,5 miliar seiring waktu. Laporan awal tahun menyebutkan angka investasi Google antara $300 juta hingga $400 juta, namun nyatanya jumlahnya jauh lebih besar.

Baca Juga: Melalui Converge 2, OpenAI Siapkan Dana Investasi Senilai $1 Juta untuk Startup AI!

Inflection AI dan Metropolis: Unicorn Baru di Horizon

Inflection AI, startup yang berbasis di California, berhasil mengumpulkan dana sebesar $1,3 miliar. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Microsoft dan diikuti oleh investor ternama seperti Reid Hoffman, Bill Gates, Eric Schmidt, serta Nvidia. Startup ini kini bernilai $4 miliar dan berambisi menciptakan “kluster AI terbesar di dunia” dengan platform AI generatifnya.

pendanaan inflection ai

Sementara itu, Metropolis, startup yang bergerak di bidang parkir tanpa kasir, berhasil mengumpulkan dana sebesar $1,1 miliar. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Eldridge dan 3L Capital, yang memungkinkan Metropolis mengakuisisi SP Plus dalam transaksi senilai $1,5 miliar. Ini merupakan transaksi M&A terbesar tahun ini oleh perusahaan yang didukung oleh venture capital.

Baca Juga: Amazon Siapkan Dana Rp1,5 Triliun untuk Startup AI, Bakal Ada Revolusi Besar di Masa Depan?

Peran Raksasa Korporat dalam Pendanaan AI

Microsoft tidak hanya memimpin putaran pendanaan terbesar, tetapi juga turut serta dalam putaran pendanaan besar lainnya. Nvidia, yang sukses dengan chip AI-nya, turut serta dalam putaran pendanaan Databricks yang mengumpulkan $685 juta. Nvidia menjadi perusahaan dengan nilai lebih dari $1 triliun pada tahun ini.

Selain itu, Nvidia juga terlibat dalam putaran pendanaan signifikan untuk startup AI lain seperti Together AI dan Enfabrica. Mereka juga menanamkan investasi di beberapa perusahaan bioteknologi yang menggunakan AI. Tahun ini, startup AI mendapatkan perhatian yang luar biasa, dengan korporasi besar memainkan peran kunci dalam investasi yang membentuk arah teknologi ini.

Kesimpulannya, tahun 2023 menjadi tahun transformatif bagi sektor AI, dengan investasi yang mengalir deras dari para raksasa teknologi. Kehadiran mereka tidak hanya membawa modal, tetapi juga pengaruh yang membentuk masa depan AI. Bagi kamu yang mengikuti perkembangan teknologi, ini adalah era yang menjanjikan dan penuh dengan inovasi yang tak terduga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: