Investasi Miliaran Dolar SBI Holdings untuk Startup AI dan Web3, Gimana Potensi Kedepannya?

Investasi Miliaran Dolar SBI Holdings untuk Startup AI dan Web3, Gimana Potensi Kedepannya?

SBI Holdings, lembaga jasa keuangan Jepang, berencana meluncurkan dana sebesar 100 miliar yen (sekitar $662 juta) untuk mendukung startup di bidang Web3, AI, dan fintech. Dengan dukungan dari beberapa institusi keuangan terbesar di Jepang, inisiatif ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan di sektor startup. Simk berita lengkapnya berikut ini!

Dana yang Besar untuk Startup

Dana ini akan digunakan untuk berinvestasi di 150-200 perusahaan, dengan setiap proyek menerima dana ratusan juta hingga satu miliar yen. SBI Holdings telah menerima komitmen lebih dari 50 miliar yen (sekitar $331 juta) dari Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Mizuho Bank, Nippon Life Insurance, dan Daiwa Securities Group. Meski demikian, dana 100 miliar yen ini hanya sebagian kecil dari apa yang ingin Jepang suntikkan ke dalam startup yang sedang berkembang.

Baca Juga: Galactic Holdings Kumpulkan Dana $6,25 Juta untuk Kuatkan Ekosistem Crypto di Amerika Latin!

Jepang dan Ambisi Web3

Sebagai salah satu negara terbesar di Asia, Jepang telah memimpin adopsi Web3 di kawasan ini. Beberapa perusahaan game terbesar seperti Bandai NAMCO, Sega, dan Square Enix termasuk di antara pengguna awal teknologi ini.

Namun, meski telah berinisiatif, Jepang masih belum berhasil masuk dalam peringkat terbaik dalam hal mendukung startup. Hal ini menjadi perhatian utama Perdana Menteri Fumio Kishida yang berambisi untuk meningkatkan dukungan terhadap startup Web3.

Baca Juga: Standard Chartered dan SBI Holdings Luncurkan Dana Investasi Crypto Senilai $100 Juta di UAE!

Masa Depan Startup di Jepang

Pemerintah Jepang telah menetapkan target untuk meningkatkan investasi di startup dari 800 miliar yen pada 2022 menjadi 10 triliun yen (sekitar $66 miliar) pada 2027. Dalam upaya ini, reformasi perpajakan dan tantangan regulasi menjadi pertimbangan penting. Pemerintah Jepang sedang mengambil langkah-langkah untuk merevisi sistem pajak yang berhubungan dengan perusahaan Web3, khususnya terkait pajak perusahaan dan mata uang virtual.

Dengan dana besar yang disiapkan SBI Holdings dan dukungan pemerintah, masa depan startup AI, Web3, dan fintech di Jepang tampaknya cerah. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan di sektor ini, dan membuka peluang baru bagi kamu yang berminat di bidang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: