Metaverse: Lompatan Investasi $2 Miliar ke Potensi Pasar $13 Triliun!

Metaverse: Lompatan Investasi $2 Miliar ke Potensi Pasar $13 Triliun!

Metaverse terus berkembang, dengan raksasa industri dan pemain yang sedang naik daun berlomba untuk meraih bagian dari industri bernilai triliunan dolar ini.

Menurut Database Venture Capital Cointelegraph Research, hampir $2 miliar telah diinvestasikan dalam kesepakatan Metaverse berbasis blockchain pada 2022.

Prediksi Pertumbuhan Metaverse Menggiurkan

Laporan 2022 oleh McKinsey memperkirakan industri metaverse berpotensi menghasilkan hingga $5 triliun pendapatan hingga 2030, angka yang dilampaui oleh perkiraan Citi sebesar $8 triliun hingga $13 triliun.

Baca Juga: Bagaimana Headset Apple ‘Vision Pro’ Bisa Ubah Lanskap Metaverse? Ini Penjelasannya!

Perkiraan ini mencerminkan pertumbuhan signifikan dari pasar Metaverse global sebesar $65,5 miliar yang dicatat pada 2022.

Untuk mewujudkan perkiraan yang optimis ini, industri Metaverse perlu mempertahankan tingkat pertumbuhan rata-rata komposit yang mengesankan sebesar 85%.

Rintangan dan Peluang di Lanskap Metaverse

cari jodoh di metaverse
Unsplash

Meski diproyeksikan tumbuh, lanskap Metaverse memiliki tantangan tersendiri.

Para pemimpin industri telah dihantui oleh kerugian pada kapitalisasi pasar mereka, dengan Meta (sebelumnya dikenal sebagai Facebook) kehilangan 77% dari kapitalisasi pasar — setara dengan $800 miliar — antara akhir 2021 dan 2022.

Akibatnya, CEO Meta Mark Zuckerberg berencana untuk menghapus 21,000 pekerjaan terkait Metaverse pada 2023.

Meski menghadapi hambatan, industri besar seperti Microsoft, Apple, Nvidia, dan Qualcomm semuanya mengembangkan strategi Metaverse.

Masuknya Apple ke Metaverse sangat dinantikan, dengan peluncuran headset virtual relaity/augmented reality-nya dirilis pada Juni 2023.

Baca Juga: CULT&RAIN dan CULTR WORLD: Belanja Virtual di Metaverse yang Tak Pernah Kamu Bayangkan!

Sementara itu, perusahaan gaming seperti Epic dan Roblox memanfaatkan lockdown pandemi untuk keuntungan mereka, berhasil meluncurkan konser Metaverse yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia.

Pada 2022, merger, akuisisi, dan pendanaan di ranah Metaverse naik dari $13 miliar pada 2021 menjadi lebih dari $120 miliar, didukung oleh akuisisi Activision oleh Microsoft senilai $69 miliar.

Meski diperkirakan nilai ganda akan menurun sejalan dengan tingkat bunga yang lebih tinggi, aktivitas investasi tetap kuat.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: