Investasi Crypto Jangka Panjang Terbaik di 2023 Menurut Pendapat Ahli

author:

Investasi Crypto Jangka Panjang Terbaik di 2023 Menurut Pendapat Ahli

Meskipun tahun 2022 dicap sebagai tahun menurunnya pasar crypto, namun beberapa lonjakan peningkatan juga terjadi di tahun lalu. Salah satu contohnya adalah pembayaran crypto di E-Commerce justru meningkat hingga 63% selama 2022. Melalui beberapa riset, kami telah merangkum beberapa aset crypto yang bisa kamu jadikan investasi jangka panjang di 2023 menurut para ahli.

Bitcoin (BTC)

Investor adopsi Bitcoin
Sumber: Freepik

Di akhir tahun 2022, 5 trader, termasuk TraderXO, memprediksi harga BTC berpotensi mencapai $23,000 di 2023. Lebih lanjut, dilansir dari Analytic Insight (11/123), banyak analis blockchain dan mata uang crypto percaya bahwa Bitcoin dapat menjadi aset dengan kinerja terbaik pada paruh kedua tahun 2023. Sebelumnya, Bitcoin (BTC) mengalami perjalanan yang bergejolak di tahun 2022, dengan mata uang crypto turun dari level tertinggi sepanjang masa sekitar $70,000 menjadi lebih dari $16,000.

Meski mengalami naik turun, bersamaan dengan permintaan berkelanjutan dari investor institusional dan tren adopsi yang meningkat, Bitcoin memiliki peluang bagus untuk mencapai nilai puncak bersejarahnya. Hal ini juga didukung oleh investor yang semakin optimis terhadap potensi Bitcoin. Beberapa indikator menunjukkan bahwa tahun 2023 bisa menjadi tahun dengan potensi pertumbuhan yang signifikan bagi Bitcoin. Data on-chain menunjukkan bahwa whale Bitcoin yang memegang setidaknya 1.000-10.000 BTC telah muncul lebih sering, menunjukkan minat yang meningkat dalam akumulasi Bitcoin.

Selain itu, karena jaringan mata uang digital bank sentral (CBDC) terus berkembang dan semakin banyak negara yang mempertimbangkan regulasi cryptocurrency, investor institusi secara serius mempertimbangkan potensi Bitcoin sebagai pelindung nilai. Banyak investor, seperti Michael Saylor dari MicroStrategy, memiliki pandangan bullish terhadap cryptocurrency. Akibatnya, permintaan institusional ini mendorong lonjakan pasar bullish. Selain itu, permintaan ini terlihat jelas dalam adopsi Bitcoin sejak awal tahun 2023.

Sementara itu, Robert Kiyosaki, seorang penulis buku terkenal menyatakan bahwa ia sangat bersemangat dan tertarik dengan Bitcoin karena Bitcoin didentifikasikan sebagai komoditas seperti emas, perak, dan minyak.

Baca juga: Melonjak 315%, Perusahaan Penambang Bitcoin Ini Hasilkan 2.798 BTC di Tahun 2022!

Ethereum (ETH)

Terobosan baru Ethereum
Sumber: Unsplash

Ethereum (ETH) merupakan cryptocurrency populer dan terbesar di dunia. ETH juga semakin populer karena investor menyadari potensinya untuk menjadi salah satu crypto terbaik untuk jangka panjang tahun 2023. Tidak hanya terkenal sebagai token crypto populer, tetapi jaringan Ethereum juga dipuji sebagai jaringan luar biasa dengan banyak fitur unggulan seperti kontrak pintar, aplikasi terdesentralisasi (dApps), dan yang sekarang cukup trendi, Non-Fungible Token (NFT).

Dilansir Analytic Insight (11/1/23), pada saat penulisan, harga Ethereum mencapai $1.262,04, dengan volume perdagangan per jam sebesar $2.497.613.545. Kapitalisasi pasar langsung ETH senilai $154 miliar.

Tak boleh dilupakan, tahun 2022 menjadi tahun yang cukup krusial untuk Ethereum karena telah mengadakan beberapa solusi inovatif, mulai dari Ethereum Merge, dan yang terbaru ini adalah Ethereum Shanghai yang dikabarkan akan diluncurkan pada 2023.

Sementara itu, dilaporkan Fine Extra (5/1/230, ETH diprediksi akan jauh lebih stabil di 2023 dibanding tahun 2022. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan cryptocurrency ETH, serta adanya perkembangan teknologi baru. Tak hanya itu, ETH juga telah mengalami kenaikan harga yang signifikan selama tahun 2021 hingga saat ini, yang menunjukkan tren peningkatan stabilitas. Karenanya, dapat diasumsikan bahwa ETH menjadi pilihan investasi jangka panjang terbaik di 2023. Berdasarkan laporan Analytic Insight (11/1/23), investor Ethereum memiliki banyak hal untuk dinantikan karena cryptocurrency ini telah terbukti menjadi investasi yang solid dengan jaringannya. Peningkatan, pengurangan pemborosan energi, pengurangan penerbitan ETH, dan potensinya menjadi deflasi dengan EIP-1559.

Selain itu, dengan volume perdagangan 24 jam saat ini sebesar $2,5 miliar yang memproses jutaan transaksi, Ethereum membuktikan jadi pesaing kuat untuk menjadi investasi crypto jangka panjang terbaik pada tahun 2023.

Baca juga: Transaksi Ethereum Naik 338% di 2022, Ngalahin Bitcoin?

Cardano (ADA)

Sumber: Unsplash

Selanjutnya, dunia cryptocurrency telah diramaikan dengan berita tentang Cardano (ADA) pada tahun 2023. Peluncuran hard fork Alonzo, platform blockchain open-source baru-baru ini menghasilkan lonjakan harga Cardano, dengan memperoleh peningkatan 116%, menurut laporan Analytic Insight.

Dengan jaringan yang bertujuan untuk “mendistribusikan kembali kekuatan dari struktur yang tidak dapat dipertanggungjawabkan ke individu” dan daftar kasus penggunaan yang sukses terus bertambah, investor telah menaruh minat pada Cardano, yang menyebabkan peningkatan yang mengesankan sebesar 30% sejak 30 Desember 2022.

Selain itu, Cardano juga memperkenalkan dua stablecoin baru ke platform mereka pada kuartal pertama tahun 2023. Pertama adalah USDA, stablecoin terpusat yang didukung oleh Dolar AS, dan kedua adalah Djed, token yang dibuat bersama dengan Coti. Stablecoin ini diprediksi membawa lebih banyak likuiditas dan diversifikasi ke jaringan, memungkinkan trader crypto mencoba-coba strategi keuangan yang lebih luas.

Menurut Analytic Insight, Cardano tidak hanya membuat kemajuan dalam hal aktivitas pengembangan, tetapi juga dalam peningkatan harga akhir-akhir ini. Seiring antusiasme investor terhadap cryptocurrency meningkat, ADA kemungkinan akan mendapat lebih banyak perhatian. Mengingat bukti kemajuan dan fitur berkelanjutan dari jaringannya, Cardano menjadi salah satu investasi crypto jangka panjang terbaik di 2023.

Polygon (MATIC)

prospek Polygon Matic 2023
Sumber: Unsplash

Polygon (MATIC) adalah solusi penskalaan Ethereum Layer 2 untuk meningkatkan adopsi cryptocurrency. Memanfaatkan Kerangka Plasma dan arsitektur proof-of-stake, Polygon menawarkan hingga 65.000 transaksi per detik pada satu sidechain dan memiliki waktu konfirmasi blok 4 detik. Platform ini juga memungkinkan pelaksanaan smart contract yang terukur dan otonom dengan mudah, mengubah Ethereum menjadi sistem multi-rantai untuk berbagai protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Selanjutnya, Polygon telah membuat langkah signifikan dalam ruang blockchain dalam satu tahun terakhir, terutama membentuk kemitraan dengan Mastercard dan Warner Music Group. Baru-baru ini, Mastercard meluncurkan program akselerator berbasis Polygon untuk membantu musisi membangun karier mereka melalui Web3, serta koleksi non-fungible token (NFT) yang disebut “Mastercard Music Pass” bagi mereka yang tidak diterima dalam program tersebut.

Selain itu, raksasa hiburan global Warner Music Group telah bermitra dengan Polygon Studios dan pembuat platform e-commerce dan interaktif LGN.io untuk membangun platform musik Web3 yang disebut LGND Music. Kemitraan ini telah membawa kredibilitas ke platform dan mengekspos Polygon ke jutaan pengguna baru, sehingga menempatkan Polygon (MATIC) di antara daftar investasi crypto jangka panjang terbaik di tahun 2023.

The Sandbox (SAND)

sand token metaverse terbaik 2023

Sandbox dikenal dengan gaya aesthetic bagi penggemar Minecraft dan Roblox. Sanbox adalah platform Metaverse yang memungkinkan pengguna membuat dan membagikan konten mereka, seperti game dan karakter. Dengan konten buatan pengguna blockchain (UGC) yang semakin populer, The Sandbox adalah salah satu eksponen UGC terkemuka. Menjadikan SAND salah satu investasi crypto jangka panjang terbaik di 2023. Aspek dunia terbuka interaktif dari The Sandbox telah menarik para pemain, memungkinkan mereka membuat lanskap 3D realitas virtual yang dapat mereka bagikan sambil menjelajahi kreasi Metaverse lainnya dari pemain lain. Selain itu, koin SAND dapat digunakan untuk membeli aset, seperti petak tanah di pasar platform. Aset virtual ini dapat dibeli, dijual, dimodifikasi, dan dimonetisasi. Menurut BeinCrypto (10/1/23), salah satu daya tarik utama The Sandbox adalah dapat digunakan untuk membuat game berbasis blockchain menggunakan pencipta plug-and-play yang unik, yang berarti pengguna yang tidak memiliki pengetahuan pengkodean sebelumnya juga dapat menggunakannya.

Selain itu, aksesibilitas ini menjadikan The Sandbox salah satu aset populer di game blockchain. Dengan platform yang memungkinkan evolusi berkelanjutan dan asal-usul saat dunia Metaverse baru diciptakan, SAND adalah salah satu aset crypto teratas yang memiliki potensi pertumbuhan besar di tahun 2023.

Nah, itu dia beberapa daftar investasi crypto jangka panjang terbaik di 2023 yang bisa kamu coba. Meski tahun 2022 telah menjadi tahun yang sulit bagi cryptocurrency secara keseluruhan, beberapa mata uang yang mapan terus bekerja keras untuk mengembangkan layanan mereka agar menarik trader baru dan mempertahankan loyalitas pengguna yang sudah ada. Aset crypto yang telah bekerja keras sekarang kemungkinan besar akan menuai hasilnya selama tahun 2023.


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Refrensi: