Investasi Crypto Terpuruk, Pasar Alami Likuidasi Besar-Besaran Hingga $21 Juta!

author:

Investasi Crypto Terpuruk, Pasar Alami Likuidasi Besar-Besaran Hingga $21 Juta!

Dunia investasi crypto baru-baru ini dikejutkan dengan kabar penarikan dana dari produk investasi crypto yang mencapai $21 juta dalam satu minggu terakhir. Fenomena ini terjadi di tengah volume perdagangan Bitcoin yang mencapai angka tinggi, yaitu $11,8 miliar.

Situasi ini menimbulkan pertanyaan besar di kalangan investor: apa yang sebenarnya terjadi di pasar crypto?

Aliran Dana Keluar dari Produk Investasi Crypto

Laporan terbaru dari CoinShares mengungkapkan bahwa terjadi aliran dana keluar dari produk investasi crypto sebesar $21 juta. Meskipun angka ini terlihat kecil, namun tersembunyi fakta bahwa volume perdagangan Bitcoin pekan lalu sangat tinggi.

Baca juga: Ledakan Pengguna Crypto Global: Angka Mencapai 580 Juta di 2023!

Di Amerika Serikat, tercatat aliran masuk modal sebesar $263 juta, sementara Kanada dan Eropa mengalami aliran keluar modal yang signifikan, yaitu $297 juta. Para analis menilai bahwa tren ini disebabkan oleh migrasi aset ke Amerika Serikat.

Produk Bitcoin mengalami aliran keluar yang tidak terlalu besar, yaitu $25 juta, namun volume perdagangannya mencapai 63% dari total volume BTC di bursa terpercaya. Produk berbasis Ethereum (ETH) dan Solana (SOL) juga mengalami aliran keluar, masing-masing sebesar $14 juta dan $8,5 juta.

Volatilitas Pasar dan Likuidasi

Pasar crypto yang volatil telah menyebabkan likuidasi posisi crypto yang digunakan leverage lebih dari $138 juta dalam 24 jam terakhir. Data dari Coinglass menunjukkan bahwa sebagian besar likuidasi melibatkan posisi long, dengan kerugian lebih dari $120 juta, sedangkan posisi short hanya berkontribusi sekitar $18 juta. Simak selengkapnya di Heboh! Market Crypto Merah, $138 Juta Lenyap dalam Sehari!

Harga Bitcoin sendiri turun lebih dari 2,5% dalam 24 jam terakhir, berada di bawah angka $41.000. Volatilitas harga Bitcoin meningkat setelah SEC menyetujui beberapa ETF Bitcoin spot. Sebelum persetujuan, volatilitas tahunan BTC berada di sekitar 46%, namun kini meningkat menjadi lebih dari 52%.

Volatilitas ini menyebabkan likuidasi hampir $30 juta posisi Bitcoin yang menggunakan leverage. Mayoritas likuidasi BTC adalah posisi long, dengan lebih dari $24 juta posisi long Bitcoin terhapus dalam 24 jam terakhir.

Prospek Pasar Crypto ke Depan

Kondisi pasar saat ini menunjukkan bahwa aktivitas ETP mendominasi aktivitas perdagangan secara keseluruhan. Di Amerika Serikat, penerbit lama dengan biaya lebih tinggi mengalami aliran keluar modal sebesar $2,9 miliar sejak peluncuran ETF Bitcoin spot.

ETF yang baru diluncurkan ini telah mendapatkan $4,13 miliar, melampaui kerugian dari ETP yang ada sebelumnya. Investor tampaknya melihat penurunan harga baru-baru ini sebagai kesempatan untuk menambah produk investasi Bitcoin jangka pendek, dengan aliran masuk sebesar $13 juta. ETF di AS telah mengalami aliran masuk bersih sebesar $1,2 miliar sejak diluncurkan.

Chris Jay Terry, arsitek IT senior di BTCData, memprediksi akan ada aliran keluar tambahan sebesar $25 miliar dari ETF Bitcoin spot terbesar, GBTC.

Dengan berbagai dinamika yang terjadi di pasar crypto, investor dihadapkan pada tantangan untuk menavigasi volatilitas yang tinggi dan perubahan aliran modal. Kejadian ini menjadi pengingat bahwa investasi di dunia crypto memerlukan pemahaman yang mendalam dan strategi yang adaptif untuk menghadapi ketidakpastian pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: