Pemasukan Produk Crypto Tembus $151 Juta di Minggu Pertama 2024, Sinyal Bullish Menguat?

author:

Pemasukan Produk Crypto Tembus $151 Juta di Minggu Pertama 2024, Sinyal Bullish Menguat?

Dilansir dari CoinShares, awal tahun 2024 menjadi saksi bisu kenaikan signifikan pada aliran dana ke produk investasi berbasis crypto. Dengan total masuknya dana sebesar $151 juta hanya dalam minggu pertama, pasar crypto menunjukkan tanda-tanda bullish yang kuat.

Menurut laporan, kemenangan Grayscale atas SEC terkait aplikasi ETF Bitcoin spot tahun lalu tampaknya menjadi katalis positif bagi investor.

Aliran Dana Positif ke Bitcoin dan Ethereum

inflow crypto
Sumber: CoinShares

Menurut data yang dibagikan oleh CoinShares baru-baru ini, Bitcoin mendominasi panggung dengan aliran dana masuk sebesar $113 juta, menandakan kepercayaan investor yang tinggi. Ethereum juga tidak ketinggalan dengan catatan positif, mengalami inflow sebesar $29,6 juta. Kedua mata uang digital ini menjadi primadona di tengah antisipasi pasar terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat.

Lebih lanjut, kenaikan ini juga didorong oleh peningkatan harga Bitcoin yang mencapai puncak tahunannya di atas $46.000. Aliran dana keluar dari posisi short Bitcoin lebih dari $1 juta menunjukkan optimisme pasar. Tren ini bertentangan dengan prediksi sebelumnya yang menganggap persetujuan ETF Bitcoin akan menjadi peristiwa “beli rumor, jual berita”.

Baca juga: 5 Koin Crypto yang akan Naik di 2024, Ada Jagoanmu?

Namun, data terkini menunjukkan bahwa investor tetap bullish, dengan aliran dana keluar yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir.

ETF Bitcoin Spot: Harapan Baru Investor

Pasar Amerika Serikat berkontribusi sebesar 55% terhadap total aliran dana masuk, menunjukkan ekspektasi tinggi terhadap ETF Bitcoin spot. Kemenangan Grayscale atas SEC telah membuka jalan bagi potensi persetujuan produk investasi ini.

Jika disetujui, ETF Bitcoin spot akan menjadi tonggak sejarah baru dalam industri crypto dan diharapkan dapat menarik lebih banyak investor institusional. Selain Bitcoin, altcoin seperti Cardano (ADA), Avalanche (AVAX), dan Litecoin (LTC) juga mencatatkan inflow yang menarik.

Dengan Cardano memimpin dengan $3,7 juta, diikuti oleh Avalanche dengan $2 juta, dan Litecoin dengan $1,4 juta. Kenaikan ini menunjukkan bahwa investor tidak hanya fokus pada Bitcoin dan Ether, tetapi juga melirik potensi altcoin lainnya.

Secara keseluruhan, tahun 2024 membuka lembaran baru bagi pasar crypto dengan sinyal bullish yang kuat dan serangkaian peristiwa penting yang dijadwalkan. Dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat dan halving Bitcoin yang dijadwalkan pada April, investor tampaknya memiliki banyak alasan untuk tetap optimis tentang masa depan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: