Persetujuan ETF Bitcoin Dikecam oleh Greenpeace sebagai ‘Kerugian bagi Iklim dan Masyarakat’?

Persetujuan ETF Bitcoin Dikecam oleh Greenpeace sebagai ‘Kerugian bagi Iklim dan Masyarakat’?

Kabar terbaru datang dari dunia keuangan yang kini semakin memudahkan kamu untuk berinvestasi dalam crypto, khususnya Bitcoin. Namun, di balik kemudahan tersebut, tersembunyi potensi kerusakan lingkungan yang semakin nyata. SEC telah memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin, memicu kekhawatiran akan dampaknya terhadap perubahan iklim. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin: Kemudahan Investasi atau Ancaman Lingkungan?

SEC Amerika Serikat baru saja menyetujui ETF Bitcoin spot yang diajukan oleh BlackRock dan Fidelity. Keputusan ini dianggap sebagai momen penting dalam penerimaan industri jasa keuangan terhadap Bitcoin yang kontroversial.

Rolf Skar dari Greenpeace USA menegaskan bahwa tanpa perubahan nyata dalam industri penambangan Bitcoin, ini akan menjadi tantangan serius bagi upaya pengurangan emisi karbon. ETF Bitcoin memungkinkan investor, baik pemula maupun institusional, untuk lebih mudah berinvestasi dalam Bitcoin.

Skar menyatakan,

“Persetujuan ETF Bitcoin merupakan momen penting dalam penerimaan industri jasa keuangan terhadap Bitcoin yang mencemari lingkungan… ini menimbulkan tantangan serius bagi upaya kita untuk mengurangi emisi karbon dan menghindari konsekuensi terburuk dari krisis iklim.”

Kenaikan harga Bitcoin berarti peningkatan dampak lingkungan karena penambang menggunakan lebih banyak listrik yang sebagian besar dihasilkan dari bahan bakar fosil. Ini berarti lebih banyak emisi karbon dan penggunaan air yang berlebihan, yang bertentangan dengan upaya pengurangan dampak perubahan iklim.

Baca Juga: Market Menghijau, 3 Faktor Pendukung Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/1/24)!

Bitcoin dan Dampak Lingkungan yang Meningkat

bitcoin dan lingkungan
Sumber: Cryptoslate

Ketika harga Bitcoin naik, aktivitas penambangan yang menggunakan metode Proof-of-Work pun meningkat. Penambangan ini merupakan kompetisi untuk mendapatkan Bitcoin dengan menggunakan energi listrik yang besar.

Sebagian besar energi ini masih berasal dari bahan bakar fosil, yang berkontribusi pada peningkatan emisi karbon. Greenpeace USA menyerukan kepada BlackRock, Fidelity, dan lembaga keuangan lainnya yang berinvestasi dalam Bitcoin untuk berperan aktif dalam mengatasi masalah emisi karbon yang dihasilkan.

Mereka harus memastikan bahwa industri penambangan Bitcoin serius dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan beralih ke energi terbarukan.

Baca Juga: Kemajuan Polygon zkEVM: Memasuki Fase Kedua!

Harapan untuk Masa Depan yang Lebih Hijau

Meskipun ETF Bitcoin telah disetujui, masih ada harapan untuk masa depan yang lebih hijau. Greenpeace USA berkomitmen untuk mengubah sistem sosial, lingkungan, dan ekonomi yang tidak adil di Amerika Serikat.

Organisasi ini berupaya untuk mengatasi krisis iklim, memajukan keadilan rasial, dan membangun ekonomi yang mengutamakan kepentingan masyarakat. Kamu juga memiliki peran dalam memilih investasi yang berkelanjutan.

Dengan meningkatnya kesadaran akan dampak lingkungan, investor dapat mendorong perusahaan dan industri untuk lebih bertanggung jawab. Keputusan investasi hari ini akan menentukan kualitas lingkungan di masa depan.

Kesimpulan

Kemudahan investasi dalam Bitcoin melalui ETF yang baru disetujui oleh SEC mungkin terdengar menarik, namun kamu perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan. Pilihan investasi kita hari ini akan menentukan nasib bumi di masa yang akan datang. Mari bertindak bijak demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: