Investasi Bitcoin El Salvador: Dari Rugi Menjadi Untung!

Investasi Bitcoin El Salvador: Dari Rugi Menjadi Untung!

El Salvador, negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal, kini tersenyum lebar. Presiden Nayib Bukele mengumumkan bahwa investasi Bitcoin negara tersebut telah berbalik dari kerugian menjadi keuntungan, mengejutkan banyak pihak yang sebelumnya skeptis.

Strategi Jangka Panjang El Salvador

El Salvador telah menunjukkan ketahanan dalam strategi investasi crypto mereka. Meskipun menghadapi kritik dan kerugian besar di masa lalu, Presiden Nayib Bukele tetap optimis dan terus melakukan pembelian Bitcoin secara berkala. Kini, dengan total investasi sebesar $131 juta, negara tersebut berhasil mencatatkan keuntungan sebesar $3,6 juta.

Baca Juga: El Salvador Jadi Calon ‘Singapore of The Americas’ Berkat Bitcoin! Apa Artinya?

Bukele menegaskan bahwa penjualan Bitcoin bukanlah tujuan mereka. Meskipun nilai pasar Bitcoin fluktuatif, El Salvador tetap berkomitmen pada strategi jangka panjangnya. Keuntungan ini menjadi bukti bahwa kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi pasar crypto yang tidak menentu dapat membuahkan hasil.

Perubahan Kepemimpinan dan Edukasi Bitcoin

nayib bukele pemilu 2024
Sumber: Latinoamerica

Pada 1 Desember, Bukele mengundurkan diri sebagai presiden untuk fokus pada kampanye pemilihan kembali tahun 2024. Selama masa jabatannya, El Salvador memulai investasi Bitcoin pada September 2021 dengan $10,3 juta. Meskipun harga Bitcoin sempat anjlok lebih dari 50%, Bukele terus membeli Bitcoin sepanjang tahun 2022.

El Salvador juga berencana memperkenalkan pendidikan Bitcoin di sekolah-sekolah negeri pada tahun depan.

Langkah ini diambil meskipun IMF telah memperingatkan risiko penggunaan Bitcoin dan hasil investigasi yang menunjukkan adopsi crypto yang terbatas di negara tersebut. Namun, El Salvador tampaknya tidak tergoyahkan dan terus bergerak maju dengan rencana mereka.

Reaksi Pasar dan Media

Kenaikan harga Bitcoin baru-baru ini telah membawa keuntungan bagi El Salvador. Bukele menggunakan kesempatan ini untuk menanggapi kritik media, yang sering menyoroti kerugian investasi Bitcoin negara tersebut. Kini, dengan Bitcoin yang telah melampaui $40.000, El Salvador membuktikan bahwa investasi mereka telah membuahkan hasil.

Bukele juga menyindir liputan media yang kerap meremehkan strategi Bitcoin El Salvador. Kini, dengan portofolio Bitcoin yang menguntungkan, El Salvador dapat menunjukkan kepada dunia bahwa mereka telah membuat keputusan yang tepat, meskipun dihadapkan pada keraguan dan kritik yang intens.

Paragraf Penutup

Kisah El Salvador dengan Bitcoin adalah bukti bahwa kesabaran dan visi jangka panjang dapat mengatasi volatilitas pasar crypto. Keberhasilan ini tidak hanya mengubah narasi seputar investasi Bitcoin negara tersebut tetapi juga memberikan pelajaran berharga bagi investor lain di seluruh dunia.

Baca Juga: Pro Bitcoin Sejak 2021, El Salvador Tunjukkan Stabilitas Keuangan Negara di Tengah Krisis Perbankan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi