Apakah Investasi di Bitcoin dan Cryptocurrency Hanya Sebuah Perjudian? Ini Penjelasannya

Apakah Investasi di Bitcoin dan Cryptocurrency Hanya Sebuah Perjudian? Ini Penjelasannya

Dalam dunia investasi, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah investasi di Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sama dengan berjudi? Pertanyaan ini muncul seiring dengan popularitas Bitcoin, Ethereum, dan cryptocurrency lainnya yang meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Bitcoin dan Cryptocurrency: Investasi atau Perjudian?

Sejumlah politisi di Inggris telah menyerukan agar pembelian cryptocurrency dianggap sebagai perjudian ketika mempertimbangkan regulasi crypto sektor ini.

Menurut mereka, sektor crypto adalah sektor berisiko tinggi yang lebih mirip dengan perjudian daripada investasi. Mereka berpendapat bahwa mata uang crypto sendiri tidak memiliki nilai dasar dan harganya murni berdasarkan apa yang pasar bersedia bayar untuk mereka.

Baca Juga: Inilah Waktu Tepat Untuk Menjual Crypto Kamu, Jangan Sampai Kelewatan!

Dalam 5 tahun terakhir, harga Bitcoin telah berfluktuasi dari sekitar $3.500 hingga $65.000. Saat ini, harga Bitcoin berada di kisaran $27.000.

Mengapa Banyak Orang Tidak Mengerti Crypto?

5 crypto naik hari ini 26 oktober 2023
Sumber: News BTC

Salah satu alasan mengapa banyak orang menganggap investasi di crypto sebagai perjudian adalah karena crypto masih menjadi misteri bagi banyak orang. Hal ini membuat sulit untuk melakukan due diligence yang diperlukan saat berinvestasi.

Selain itu, lebih sulit menemukan penasihat keuangan yang mengkhususkan diri dalam crypto dibandingkan dengan investasi standar. Namun, jika kamu memahami pasar crypto dengan baik dan menganggap dirimu sebagai ahli, tentu saja kamu berada dalam posisi yang baik untuk memutuskan kapan dan apa yang harus dibeli dan dijual.

Haruskah Kamu Membeli Bitcoin atau Cryptocurrency Lainnya?

Dalam istilah sederhana, jika kamu mengenal pasar crypto dengan baik dan menganggap dirimu sebagai ahli, maka tentu saja kamu berada dalam posisi yang baik untuk memutuskan kapan dan apa yang harus dibeli dan dijual.

Baca Juga: Revolusi Digital Rubel: Langkah Baru Rusia dalam Dunia Crypto!

Investasi di Bitcoin dan cryptocurrency lainnya memang menawarkan peluang keuntungan yang besar. Namun, risikonya juga tidak kalah besar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, penting bagi kamu untuk memahami sepenuhnya apa yang kamu masuki.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi