Aset yang Dikelola (AUM) Lampaui Angka $50 Miliar, Apa Faktor Kenaikannya?

author:

Aset yang Dikelola (AUM) Lampaui Angka $50 Miliar, Apa Faktor Kenaikannya?

Menurut data yang dibagikan oleh CoinShares, di penghujung tahun 2023, dunia investasi crypto menunjukkan geliat positif dengan aset yang dikelola (AUM) melampaui angka $50 miliar. Kenaikan ini didorong oleh optimisme pasar terhadap kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin (BTC) spot oleh regulator Amerika Serikat.

Meskipun Bitcoin dan Ethereum (ETH) mengalami outflow dalam tujuh hari terakhir, namun hal tersebut tidak menghentikan tren inflow yang telah berlangsung sebelumnya.

ETF Bitcoin Menjadi Magnet Investasi

bitcoin etf coinbase
Sumber: The Coin Republic

Baca juga: CEO Grayscale Optimis Persetujuan ETF Bitcoin Berpotensi Membawa Dana Segar hingga $30 Triliun!

Dilansir dari Crypto News, pasar crypto mendapatkan dorongan signifikan dengan adanya aplikasi ETF Bitcoin spot oleh BlackRock dan perusahaan institusional besar lainnya seperti Fidelity Investments dan WisdomTree. Hal ini menunjukkan bahwa investor institusional kembali menaruh minat mereka pada pasar crypto seiring dengan pemulihan harga setelah periode penurunan.

Kabar tentang aplikasi ETF ini telah memicu sentimen bullish di kalangan investor yang yakin bahwa siklus pasar baru akan segera terjadi. Harapan ini semakin menguat dengan dukungan yang terkumpul dari investor yang menantikan keputusan dari Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat.

Regulasi dan Pertumbuhan AUM

Amerika Serikat saat ini memimpin dengan AUM sebesar $36,6 miliar, meskipun terdapat beberapa gugatan hukum dan dilema regulasi yang belum jelas. Situasi ini dianggap oleh banyak analis sebagai penghambat adopsi pasar yang lebih luas.

Di sisi lain, Kanada dan Swiss mengikuti dengan AUM masing-masing sebesar $3,4 miliar dan $3 miliar. Eropa juga menunjukkan peningkatan setelah penerapan regulasi Markets in Crypto Assets (MiCA) yang bertujuan untuk menciptakan keseragaman dan kepastian hukum di wilayah tersebut.

Baca juga: Volume Pencarian Solana di Google Meningkat 250% dalam 2 Bulan Terakhir!

Altcoin Mendukung Peningkatan AUM

pembebasan token axs, op, apt
Sumber: News Week

Kenaikan harga altcoin juga turut berkontribusi pada peningkatan AUM, meskipun BTC masih menjadi faktor utama. ETH berhasil menarik investor baru setelah mengalami beberapa bulan outflow, dengan AUM yang kini berada di angka $9,5 miliar.

Solana juga menjadi favorit institusi dengan AUM total sebesar $588 juta setelah mendapatkan inflow sebesar $10,6 juta minggu lalu. Kenaikan harga altcoin yang terjadi belakangan ini dianggap sebagai faktor penting yang mendorong aliran dana ke dalam investasi institusional.

Dengan tren positif yang terjadi di pasar crypto, mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mempertimbangkan investasi di aset digital. Momentum yang terbangun dari optimisme ETF Bitcoin dan kenaikan harga altcoin bisa menjadi peluang emas bagi investor yang ingin terjun ke dalam pasar yang dinamis ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: