Investasi Strategis Korea Selatan dalam Artificial intelligence (AI) untuk Merevolusi Layanan Publik

Investasi Strategis Korea Selatan dalam Artificial intelligence (AI) untuk Merevolusi Layanan Publik

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Korea Selatan baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk berinvestasi dalam adopsi teknologi AI untuk instrumentalisasi produktivitas dalam organisasi yang dikelola negara.

Pemerintah Korea Selatan telah memilih alokasi besar sebesar 710,2 miliar won (sekitar $526 juta) untuk proyek ini, yang merupakan salah satu indikator yang jelas dari niatnya untuk menyebarkan teknologi AI secara efisien di berbagai sektor ekonomi.

Investasi yang Dipimpin Pemerintah dalam Layanan Publik

Kementerian Sains dan Teknologi Informasi (MS IT) mengumumkan skema investasi untuk Dewan Konsultatif Tingkat Tinggi Strategi AI pada dimulainya sesi Dewan Konsultatif Tingkat Tinggi Strategi AI. Tugas tunggal badan ini adalah menetapkan arah dan orientasi kebijakan negara terkait AI.

Baca Juga: Bitcoin Siap Menghadapi Badai Harga Sempurna Akibat Kebijakan The Fed

Pertama dan terpenting, jumlah yang dialokasikan akan diarahkan untuk kegiatan yang dipimpin AI dalam cabang-cabang penting ekonomi, sehingga meningkatkan layanan masyarakat dan menghasilkan solusi baru untuk masalah sosial.

Dengan kata lain, sebagian besar anggaran telah digunakan untuk inisiatif AI yang memengaruhi aktivitas rutin sehari-hari. Dari 18 proyek yang memungkinkan, 18 di antaranya telah menerima pendanaan, dan semuanya membahas berbagai masalah klinis, termasuk kesehatan mental, penyakit anak, dan masalah medis kritis lainnya.

Meningkatkan Tanggap Bencana dan Keamanan Publik melalui AI

pengertian ai
Unsplash

Pemerintah berencana untuk mewujudkan sebagian dari strategi tersebut melalui penyebaran AI dalam skenario tanggap bencana, wabah, kehilangan personel, dan lainnya yang sulit diramalkan atau merupakan ‘skenario angsa hitam’. Apa yang kami sajikan di sini hanyalah sebagian kecil dari apa yang ditawarkan kecerdasan buatan.

Kami berencana untuk menerapkan teknologi dalam sistem keuangan, perawatan kesehatan, dan peradilan juga. Program-program tersebut bertujuan untuk tidak hanya meningkatkan kinerja layanan masing-masing tetapi juga membuat kota lebih aman dan menjaga kesejahteraan masyarakat. Demikian pula, pemerintah Korea Selatan kemungkinan akan memperkuat perusahaan di negara ini yang berspesialisasi dalam mengembangkan perangkat keras AI.

Mendukung Perusahaan AI Lokal dan Daya Saing Global

KT, raksasa telekomunikasi, adalah yang terdepan dalam penelitian teknologi AI di antara perusahaan lokal. Telah mengalokasikan $5,3 miliar untuk penelitian dan pengembangan AI. Perusahaan memiliki cabang yang mempelajari teknologinya di industri robotika dan perawatan kesehatan; bidang AI diikuti melalui berbagai solusi AI yang inovatif.

KT Corporation, percaya bahwa pasar AI global menaikkan penyedia AI yang berorientasi pada pelanggan di samping tujuan negara untuk mengintegrasikan AI tidak hanya ke sektor publik tetapi juga swasta, KT Corporate adalah penyedia solusi AI kelas dunia.

Kerangka Regulasi untuk AI

Dengan rintangan yang harus dilewati dalam lingkungan mata uang digital yang dihadapi otoritas Korea Selatan, kerangka peraturan yang mudah diikuti dan menyeluruh akan diambil untuk memastikan bahwa pengembangan dan pemanfaatan AI diselesaikan dengan cara yang paling aman.

Tujuannya adalah untuk membawa wacana tentang AI sejalan dengan standar global. Namun, pengembangan yang seimbang dan pemanfaatan yang benar dari alat-alat ini diperlukan untuk memastikan bahwa teknologi berkontribusi pada keberlanjutan yang etis dan bermanfaat bagi umat manusia.

Baca Juga: Nigeria Luncurkan Rencana Revolusi Infrastruktur Digital dan Pengembangan AI

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi