Heboh! Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO) Kini Terdaftar di DTCC

author:

Heboh! Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO) Kini Terdaftar di DTCC

Dalam perkembangan terbaru yang menarik perhatian pasar crypto, Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO) kini terdaftar di situs Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC), sebuah langkah yang mungkin menandakan kemajuan dalam aplikasi ETF Bitcoin spot yang diatur.

Penambahan ini muncul di tengah gelombang aplikasi serupa, menandai era baru dalam produk keuangan yang berbasis crypto.

Penambahan BTCO dan Implikasinya

Ticker BTCO, hasil kerja sama antara Invesco dan Galaxy Digital, telah muncul di situs DTCC, menandai kemajuan dalam proses aplikasi ETF Bitcoin spot mereka.

btco di dtcc
Invesco Galaxy Bitcoin ETF terdaftar di situs DTCC. Sumber: DTCC

Baca juga: BlackRock Mengguncang Dunia dengan ETF Bitcoin di Nasdaq! 

ETF ini telah ditambahkan ke dalam daftar dalam enam hari terakhir karena pengarsipan web WayBack Machine tidak menunjukkan adanya daftar di bawah ticker BTCO pada 25 Oktober.

Meskipun kehadiran di situs DTCC tidak menjamin persetujuan produk di masa depan, ini merupakan langkah standar dalam persiapan peluncuran ETF baru ke pasar.

“Muncul dalam daftar ini bukan merupakan indikasi hasil dari proses regulasi atau proses persetujuan lainnya yang belum selesai,” tambah juru bicara DTCC.

Aplikasi untuk ETF Bitcoin spot bersama yang dikelola oleh Invesco dan Galaxy Digital telah diaktifkan kembali pada 21 Juni, menunjukkan seriusnya upaya kedua manajer aset tersebut dalam memasuki pasar ETF Bitcoin.

Dampak pada Pasar dan Harga BTC

Penambahan aplikasi BlackRock ke daftar DTCC baru-baru ini memicu reli dalam harga BTC, meskipun aplikasi tersebut kemudian dihapus dari daftar dan tidak muncul sementara waktu.

Diklaim bahwa penghapusan BlackRock dari daftar disebabkan oleh keinginan untuk diselidiki lebih lanjut karena menarik perhatian yang berlebihan.

Kehadiran kedua aplikasi di daftar DTCC saat ini menunjukkan potensi dampak signifikan pada pasar, meskipun keberadaan di daftar bukan indikasi keberhasilan dalam proses persetujuan regulasi atau lainnya yang tertunda.

Baca juga: Rekor Baru! Hampir 40 Juta Alamat Bitcoin Menghasilkan Keuntungan Meski Harga Turun 50%!

Peran DTCC dalam Pasar ETF Amerika

DTCC memainkan peran penting dalam pasar ETF Amerika. Ketika sebuah ETF ditambahkan ke daftar DTCC, ini berarti bahwa sebuah bank perantara telah meminta penunjukan DTCC untuk ETF tersebut dan dapat melaksanakan transaksi ini di tanggal yang tidak ditentukan di masa depan setelah persetujuan SEC.

Proses ini merupakan standar untuk peluncuran sebuah ETF, menandakan pentingnya DTCC dalam struktur pasar keuangan AS.

Meskipun demikian, keberadaan di daftar DTCC bukanlah indikasi dari kesuksesan dalam proses persetujuan yang sedang berlangsung, memberikan gambaran realistis tentang proses aplikasi ETF.

Penambahan ETF Bitcoin spot Invesco Galaxy ke situs DTCC menandai langkah penting dalam evolusi produk keuangan crypto. Meskipun masih ada banyak tahapan yang harus dilalui sebelum persetujuan, pasar crypto dengan penuh antisipasi menunggu hasil akhir dari aplikasi ini, yang dapat membawa perubahan signifikan pada aksesibilitas dan penerimaan Bitcoin dalam dunia investasi mainstream.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: