Ini Alasan Institusi Besar Tumpahkan Ethereum (ETH) ke Bursa!

Ini Alasan Institusi Besar Tumpahkan Ethereum (ETH) ke Bursa!

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat institusi besar seperti Alameda Research dan Celsius Network mulai memindahkan Ethereum (ETH) mereka ke bursa crypto terpusat. Fenomena ini memicu spekulasi dan analisis mendalam tentang potensi pergerakan harga Ethereum ke depan. Apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

Institusi Bergegas ke Coinbase

celsius network wallet
Portofolio Dompet Jaringan Celsius dan Transaksi Terbaru. Sumber: Spotonchain

Celsius Network diketahui telah mendepositkan 10.000 ETH senilai $23,56 juta ke Coinbase. Alamat Celsius Network yang teridentifikasi dengan nomor 0x4131 melakukan transfer ini dalam dua tahap, masing-masing sebanyak 5.000 ETH. Meskipun demikian, alamat tersebut masih menyimpan 10,2 ETH, dengan nilai lebih dari $24.000.

Dari total aset crypto, alamat ini memiliki nilai sekitar $1,632 juta. Dalam dua minggu terakhir, alamat-alamat yang terkait dengan Celsius Network telah mendepositkan total 47.100 ETH senilai $107,7 juta ke Coinbase. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran besar-besaran aset crypto ke bursa crypto terpusat.

Baca Juga: Prediksi Harga Ethereum 2024: ETH Berpotensi Capai Puncak Baru Tahunan Rp61 Juta?

FTX dan Alameda Research Ikut Andil

ethereum netflow
Sumber: BeInCrypto

Alameda Research, perusahaan yang juga mengalami kebangkrutan, tercatat telah mengirimkan 1.550 ETH senilai $3,67 juta ke Coinbase. Sejak Oktober 2023, FTX dan Alameda Research telah mendepositkan 39.120 ETH dengan nilai lebih dari $79,5 juta ke bursa crypto. Bahkan mantan Presiden Amerika, Donald Trump, dilaporkan turut menjual Ethereum.

Pada 28 Desember, laporan dari BeInCrypto menyebutkan bahwa Trump telah mengirimkan ETH senilai $2,8 juta ke bursa crypto terpusat. Data menunjukkan bahwa saldo ETH di bursa crypto terpusat meningkat lebih dari 132.560 dalam 7 hari terakhir.

Baca Juga: Ethereum Siap Mengungguli Bitcoin di 2024? Begini Ulasan dari Analis!

Pemulihan Harga Ethereum di Cakrawala?

Di sisi lain, data dari Santiment menunjukkan bahwa suplai Ethereum di bursa crypto mencapai level terendah yang pernah tercatat, hanya 8,04% dari total suplai. Penurunan suplai di bursa seringkali dianggap sebagai indikator bullish karena mengurangi tekanan jual pada ETH. Peningkatan jumlah alamat aktif Ethereum juga mendukung prediksi pemulihan harga ETH.

Meskipun ada pengambilan keuntungan yang konsisten oleh trader ETH sejak Oktober 2023, Ethereum masih diperdagangkan di atas $2.200. Jika tren ini berlanjut, harga Ethereum bisa pulih hingga $2.551, yang merupakan level Fib 61,8% dari penurunan harga puncak April ’22 sebesar $3.582 hingga terendah Juni ’22 sebesar $883,42. Namun, Ethereum menghadapi resistensi di $2.458 dan $2.500.

Kesimpulan

Dinamika pasar crypto selalu penuh dengan kejutan, dan pergerakan institusi besar ini menambahkan elemen baru dalam analisis harga Ethereum. Apakah ini pertanda bullish atau hanya manuver jangka pendek? Hanya waktu yang akan menjawab, namun satu hal yang pasti, mata dunia crypto tertuju pada langkah selanjutnya dari Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: