Inskripsi Hariannya Capai 350.000, Bitcoin Ordinals Kembali Menjadi Sorotan!

author:

Inskripsi Hariannya Capai 350.000, Bitcoin Ordinals Kembali Menjadi Sorotan!

Bitcoin Non-Fungible Tokens (NFTs), yang dikenal sebagai Ordinals, baru-baru ini mencatatkan lebih dari 350.000 inskripsi baru dalam sehari, menunjukkan peningkatan aktivitas yang signifikan.

Menurut laporan, lonjakan ini terjadi setelah peluncuran standar token BRC-69, yang telah berhasil mengurangi biaya koleksi Ordinals hingga lebih dari 90%.

Lonjakan Aktivitas Ordinals

standar bitcoin brc-69

Pada hari Senin (10/7/23) saja, Ordinals mencatatkan lebih dari 350.000 inskripsi baru, menunjukkan peningkatan aktivitas yang signifikan. Lonjakan ini terjadi setelah peluncuran standar token BRC-69 oleh Luminex, platform peluncuran Ordinals. Standar token ini telah berhasil mengurangi biaya koleksi Ordinals hingga lebih dari 90%. Baca selengkapnya di BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription.

Dalam sebuah thread Twitter, Luminex mengatakan,

“Dengan BRC69, kami dapat mengurangi biaya inskripsi untuk koleksi Ordinals hingga lebih dari 90%. Pengurangan ini dicapai melalui proses 4 langkah: (1) inskripsi sifat, (2) penyebaran koleksi, (3) kompilasi koleksi, dan (4) pencetakan aset.”

Sejak peluncurannya pada Januari, Bitcoin Ordinals telah membawa fungsi NFT ke blockchain Bitcoin, memicu minat investor dalam token seperti token asli dari Jaringan Lapis 2 Bitcoin, STX.

Pengaruh BRC-69 pada Biaya Transaksi

Meskipun jumlah inskripsi baru telah melonjak, biaya harian yang dibayar untuk inskripsi tetap stagnan, menurut data yang dilacak oleh Dune Analytics. Ini menunjukkan bahwa standar token BRC-69 tampaknya telah berhasil dalam tujuannya untuk mengurangi biaya.

inskripsi harian ordinals
Biaya operasional tetap rendah dan jauh di bawah level tertinggi yang dicapai pada bulan Mei 2023 – Sumber: Dune Analytics

Pada bulan Mei 2023 lalu, terjadi perdebatan sengit setelah jaringan Bitcoin yang membengkak mengenakan biaya transaksi tiga digit. Pengguna pada 7 Mei 2023 membayar 247 Bitcoin dalam biaya, menandai perbedaan yang mencolok sebesar 10.000% dibandingkan dengan akhir pekan ini.

Meski jumlah inskripsi mendekati atau mencapai 400.000, biaya transaksi Bitcoin tetap rendah. Pengguna tidak membayar lebih dari 3 BTC per hari selama bulan Juli 2023, dan jaringan belum melihat jumlah biaya harian yang melebihi 10 Bitcoin sejak 31 Mei 2023.

Baca juga: Di Awal Juli 2023, Penjualan NFT Ethereum Mendominasi dengan Rp1,9 Triliun!

Proyek dan Standar Ordinals Baru

Peningkatan hampir mencapai rekor tertinggi ini mungkin merupakan hasil dari jumlah proyek Ordinals yang tampaknya tak terhentikan yang muncul dan popularitas yang mereka peroleh. Pada akhir Juni 2023, Bitmaps, protokol yang menawarkan cara bagi pengguna untuk mengklaim kepemilikan atas blok individu, diluncurkan dan kemudian naik ke puncak hitungan inskripsi harian, mencapai total 817.131, dan memegang posisi tersebut selama 19 hari berturut-turut.

Pekan lalu, standar Ordinals baru, BRC-69, memperkenalkan “inskripsi rekursif”, cara untuk mendaur ulang data dari inskripsi yang sudah ada, mengurangi biaya lebih dari 90% dan memungkinkan pengguna untuk menghindari batas blok 4 megabyte.

Selain BRC-69, berita pekan lalu mengungkapkan bahwa token BRC-20 berbasis Ordinals kini sedang diperluas ke Ethereum, dengan token ORDI dan OXBT populer yang sedang dibuat dan menciptakan Koleksi Kurasi BRC-20 di ekosistem NFT dominan.

Pada akhirnya, peningkatan aktivitas Ordinals menunjukkan potensi besar dari NFT di blockchain Bitcoin. Dengan memperkenalkan standar token baru seperti BRC-69, Ordinals dapat mengurangi biaya dan memungkinkan lebih banyak pengguna untuk berpartisipasi dalam ekosistem ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: