Pendirinya Mundur, Inskripsi Bitcoin Ordinals Melampaui 10 Juta!

author:

Pendirinya Mundur, Inskripsi Bitcoin Ordinals Melampaui 10 Juta!

Pengguna Bitcoin telah mendaftarkan lebih dari 10 juta inskripsi ke blockchain Bitcoin menggunakan protokol Ordinals yang baru-baru ini populer. Menariknya, pencapaian ini datang tak lama setelah pendiri Ordinals, Casey Rordamor, mundur sebagai pemelihara utama proyek pada hari Sabtu (27/5/23).

Pertumbuhan Pesat Ordinals

Menurut data dari Dune Analytics, Bitcoin saat ini memiliki tepat 10,018,046 inskripsi Ordinals, sebagian besar dari mereka direkam hanya dalam sebulan terakhir.

inskripsi bitcoin ordinals 10 juta
Inskripsi ordinal pada tahun 2023 – Sumber: Dune Analytics

Singkatnya, inskripsi merujuk pada data yang disematkan ke dalam data saksi transaksi Bitcoin. Inskripsi selalu dimungkinkan di Bitcoin, tetapi Ordinals memungkinkan pengguna untuk mencantumkan data ke dalam satu satoshi yang dapat diidentifikasi, membuka berbagai aplikasi potensial.

Baca juga: Hampir 84% Warga Amerika Serikat Dukung Calon Presiden yang Pro Bitcoin

Ketika inskripsi Ordinals pertama kali mendapatkan traksi pada bulan Februari 2023 lalu, kasus penggunaan utamanya adalah untuk menghasilkan NFT. Hal ini telah mengubah Bitcoin menjadi jaringan paling populer kedua untuk perdagangan NFTs setelah Ethereum, menurut CryptoSlam.

Peningkatan Inskripsi Ordinals dan Penggunaan BRC-20

Menurut laporan Cryptopotato (30/5/23), inskripsi Ordinals meningkat pada bulan April 2023, ketika pengguna mulai memanfaatkan teknologi untuk menerbitkan token crypto yang dapat ditukar, melalui standar token BRC-20 yang eksperimental.

Pada awalnya, standar BRC-20 sangat populer untuk menerbitkan memecoins, tetapi kini, standar ini dapat digunakan untuk menghosting stablecoin berbasis Bitcoin, seperti Stably USD (USD).

Lebih lanjut, setelah peluncurannya pada awal Maret, BRC-20 memicu longsoran inskripsi baru yang dimulai pada akhir April, dan mencapai puncaknya pada awal Mei 2023. Transisi dominasi Ordinals dari NFT ke token BRC-20 terlihat di blockchain, melalui pengambilalihan inskripsi berbasis teks atas inskripsi berbasis gambar pada waktu itu.

Per 20 April 2023, inskripsi Ordinals berjumlah 1,193,102, menurut data dari Dune. Angka tersebut lebih dari tiga kali lipat pada 5 Mei menjadi 3,776,366, pada saat biaya transaksi harian yang dihasilkan oleh transaksi terkait melonjak.

Bitcoin Ordinals Ditinggal Pendirinya

Sampai hari ini, Ordinals telah menghasilkan tambahan $44 juta dalam biaya untuk penambang Bitcoin, dan 91% inskripsi tersebut berbasis teks.

Meski ada beberapa kritik terhadap Ordinals karena ‘memblokir’ blockchain Bitcoin dengan membuat transfer lebih mahal bagi mereka yang menggunakan tujuan yang dimaksudkan, banyak yang melihat Ordinals sebagai fondasi potensial untuk inovasi masa depan, termasuk perdagangan sekuritas digital di Bitcoin.

inskripsi bitcoin ordinals 10 juta
Twitter

Pada 28 Mei 2023, melalui sebuah cuitan Twitter, pendiri Ordinals, Casey Rodarmor, menyerahkan status pemelihara utama kepada @raphjaph di Twitter pada hari Sabtu, mengatakan dia belum “dapat memberikan (Ordinals) perhatian yang layak”. Meski demikian, pertumbuhan pesat Ordinals menunjukkan potensinya dalam ekosistem Bitcoin.

Baca juga: Tahan Banting, Tether USDT Mendominasi Pangsa Pasar Saat Stablecoin Lain Menurun

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: