Bank-Bank India Berlomba Tawarkan Insentif untuk Transaksi Mata Uang Digital!

Bank-Bank India Berlomba Tawarkan Insentif untuk Transaksi Mata Uang Digital!

Bank-bank di India tengah berlomba-lomba mempromosikan penggunaan mata uang digital pusat bank (CBDC) e-rupee, seiring dengan dorongan dari Reserve Bank of India (RBI) untuk meningkatkan volume perdagangan mata uang digital. Berbagai insentif ditawarkan kepada pengguna yang memanfaatkan mata uang digital sebagai metode pembayaran di dalam negeri, mulai dari cashback hingga poin hadiah. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Upaya RBI Meningkatkan Transaksi Mata Uang Digital

rbi dan mata uang digital rupee
Sumber: Hindustan Times

RBI telah merancang program pilot untuk CBDC, e-rupee pada tahun lalu, dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah transaksi harian yang melibatkan mata uang digital. Namun, meski telah berupaya keras, transaksi ritel masih berada di bawah target yang diharapkan, hanya mencapai sekitar 25.000 transaksi per hari.

Hal ini mendorong bank sentral untuk menawarkan insentif tersebut. Selain itu, bank sentral juga telah memperkenalkan fitur baru, yaitu memasukkan mata uang digital ke dalam sistem pembayaran real-time yang sangat populer di India, UPI (Unified Payment Interface). Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pengguna.

Baca Juga: Bank Sentral India Umumkan Rencana CBDC Rupee Digital

Bank-Bank India Lainnya Ikut Mendorong Penggunaan Mata Uang Digital

Menurut Parag Rao, kepala negara untuk pembayaran, produk kewajiban, keuangan konsumen, dan pasar di HDFC, salah satu pemberi pinjaman swasta terkemuka di India, bank tersebut berencana untuk meluncurkan penawaran semacam itu. Tujuannya adalah untuk memperluas skala transaksi semacam itu.

Selain itu, bank pemberi pinjaman swasta yang lebih kecil seperti Yes Bank dan IDFC First Bank juga berencana untuk menawarkan poin hadiah yang nantinya bisa ditukarkan untuk berbagai keperluan seperti pemesanan perjalanan, isi ulang ponsel, dan pajak terkait jalan raya.

Bank lain seperti ICICI Bank dan Union Bank juga telah menetapkan rencana mereka untuk meluncurkan manfaat serupa bagi pengguna yang menggunakan mata uang digital sebagai metode pembayaran.

Dengan berbagai insentif yang ditawarkan oleh bank-bank di India ini, diharapkan penggunaan mata uang digital semakin meningkat. Meski demikian, perlu diingat bahwa insentif ini hanyalah langkah jangka pendek dan tidak akan terus ditawarkan kecuali ada proposisi bisnis yang jelas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: