Pemerintah Inggris Tunjuk BoE untuk Mengatur Stablecoin, Apa Tujuannya?

author:

Pemerintah Inggris Tunjuk BoE untuk Mengatur Stablecoin, Apa Tujuannya?

Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk memberikan kekuatan lebih kepada Bank of England (BoE) dalam mengatur stablecoin, dengan tujuan untuk memastikan stabilitas keuangan di tengah evolusi cepat sektor pembayaran. Langkah ini muncul setelah konsultasi ekstensif dengan berbagai pemangku kepentingan di industri. Bahas lebih dalam, yuk!

BoE dan Financial Conduct Authority (FCA): Siapa yang Memegang Kendali?

stablecoin inggris
Sumber: Omfif

Menurut konsultasi yang diterbitkan oleh HM Treasury, pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk memberikan kekuatan lebih kepada BoE dalam mengatur stablecoin, sementara FCA akan tetap memiliki peran penting.

Baca juga: CEO Circle: 70% Adopsi USDC Berasal dari Luar Amerika Serikat

Meskipun FCA akan memimpin dalam hal perilaku, BoE akan memiliki kekuatan untuk mencegah FCA mengambil tindakan terhadap penyedia stablecoin jika dianggap dapat mengganggu stabilitas keuangan.

Selain itu, Prudential Regulation Authority juga dapat mengambil alih jika tindakan FCA menimbulkan kekhawatiran mengenai stabilitas keuangan.

Pendekatan Regulasi Terhadap Stablecoin

Lebih lanjut, pemerintah Inggris telah meminta masukan dari berbagai pihak, termasuk PayPal, HSBC UK, Circle, dan Barclays, untuk membentuk pendekatan regulasi mereka terhadap stablecoin.

Hasil dari konsultasi ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju dengan prinsip-prinsip yang diajukan oleh pemerintah untuk mereformasi peraturan ini. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa BoE dapat mengatasi risiko stabilitas keuangan yang muncul dari evolusi sektor pembayaran.

BoE diharapkan untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana mereka akan mengatur teknologi baru, seperti stablecoin, sementara memastikan bahwa entitas yang sudah diawasi oleh bank tidak terpengaruh.

Baca juga: Perangi Kejahatan Crypto, NCA Inggris Perketat Regulasi dengan Perekrutan Investigator Baru

Masa Depan Stablecoin dan Teknologi Ledger Terdistribusi

Bank of England telah melakukan penelitian mengenai stablecoin dan teknologi ledger terdistribusi. Temuan mereka menunjukkan bahwa stablecoin menawarkan efisiensi dalam pembayaran.

Pemerintah juga mengakui bahwa batasan mungkin perlu diterapkan untuk mengurangi risiko stabilitas keuangan yang lebih luas, seperti risiko yang ditimbulkan oleh bentuk-bentuk uang digital baru seperti stablecoin.

Dengan perubahan ini, Inggris mungkin akan melihat perubahan signifikan dalam cara mereka mengatur dan memandang stablecoin dan teknologi terkait lainnya

Pada akhirnya, melalui potensi perubahan dalam regulasi stablecoin, Inggris menunjukkan komitmennya untuk memastikan stabilitas keuangan di tengah inovasi teknologi. Bagi pemangku kepentingan di industri crypto, penting untuk memahami perubahan ini dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang mungkin berbeda.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: