Cegah Kriminalitas, Pemerintah Inggris Tingkatkan Regulasi Aset Crypto!

Cegah Kriminalitas, Pemerintah Inggris Tingkatkan Regulasi Aset Crypto!

Dilansir dari Cointelegraph, baru-baru ini pemerintah Inggris telah menyusun rencana untuk meningkatkan regulasi aset crypto dalam upayanya untuk menanggapi kejahatan ekonomi di negara tersebut, dengan mengunggah dokumen ‘Economic Crime Plan 2’.

Kira-kira apa isi dokumen tersebut? dan apa saja ya yang dilakukan oleh pemerintah Inggris? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Isi Dokumen ‘Economic Crime Plan 2’?

economic plan 2 inggris
Sumber: Akun Twitter Home Office UK

Dalam sebuah makalah kebijakan yang dirilis pada 30 Maret 2023, Departemen Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri Inggris mengatakan bahwa mereka berencana untuk secara tegas mengatur crypto guna memerangi penggunaan aset digital secara ilegal.

Fokus pada regulasi adalah bagian dari ‘Economic Crime Plan’ pemerintah dari tahun 2023 hingga 2026, yang juga termasuk mengumpulkan “pengetahuan dan kemampuan lembaga penegak hukum” untuk meninjau dan memperkuat bagaimana aset crypto yang terlibat dalam proses hukum dapat disita dan disimpan.

“Langkah-langkah ini akan sesuai dengan ambisi kami untuk menjadikan Inggris sebagai tujuan yang menarik untuk aset crypto dan inovasi aset crypto di dunia. Meskipun menantang, regulasi aset crypto yang efektif akan menguntungkan semua orang, termasuk konsumen dan perusahaan,” tulis dokumen HM Government yang membahas tentang Economic Crime Plan 2.

Baca Juga: Inggris Bentuk Aliansi Advokasi Crypto, Trading Crypto Jadi Makin Aman!

FCA Inggris Akan Sahkan RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan di akhir Q4 2023

RUU crypto di Inggris
Sumber: Freepik Premium License

Financial Conduct Authority (FCA) negara itu, yang merupakan salah satu badan di balik penegakan regulasi aset crypto, akan bekerja sama dengan mitra internasionalnya untuk bertukar informasi terkait tanggapannya tentang regulasi dan pengawasan crypto.

“Pusat Penilaian Nasional [Badan Kejahatan Nasional] menilai bahwa berdasarkan perkiraan volume transaksi di Inggris, transaksi aset crypto ilegal yang terkait dengan Inggris pada tahun 2021 kemungkinan besar setara dengan setidaknya £1,24 miliar (~1% dari total nilai transaksi) dengan kemungkinan realistis yang jauh lebih tinggi,” dikutip dari Cointelegraph, Jumat, (31/3/2023).

Sebagai bagian dari rencana aksinya, pemerintah mengatakan bahwa mereka berencana untuk berkoordinasi dengan berbagai lembaga untuk mengimplementasikan Financial Action Task Force’s Travel Rule serta mengesahkan RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan pada akhir Q4 tahun 2023.

Tidak hanya itu, pengesahan dan implementasinya juga bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antara FCA dan perusahaan crypto pada Q2 2024.

Referensi: