Tinggal Selangkah Lagi, Inggris Siapkan Undang-Undang Crypto dan Stablecoin Menjadi Hukum!

author:

Tinggal Selangkah Lagi, Inggris Siapkan Undang-Undang Crypto dan Stablecoin Menjadi Hukum!

Parlemen Inggris telah memberikan suara untuk sebuah rancangan undang-undang baru yang dapat mengakui crypto sebagai aktivitas yang diatur di negara tersebut. Persetujuan atas Financial Services and Markets Bill (FSMB) pada hari Senin (19/6/23) oleh Dewan Atas Parlemen, House of Lords, berarti rancangan undang-undang tersebut akan memasuki tahap akhir sebelum dijadikan hukum.

Financial Services and Markets Bill: Langkah Besar untuk Regulasi Crypto

Inggris bebaskan pajak crypto

Menurut laporan Cointelegraph (19/6/23), dalam pertemuan House of Lords Parlemen Inggris pada tanggal 19 Juni 2023, banyak anggota yang mendukung pengesahan RUU Jasa Keuangan dan Pasar, undang-undang yang bertujuan untuk memperkuat industri jasa keuangan negara tersebut.

RUU ini telah melalui pembacaan ketiga di House of Lords, salah satu tahap terakhir dalam proses pengesahan sebelum mempertimbangkan amandemen tambahan dan ditandatangani menjadi undang-undang.

Baca juga: Selesaikan Penelitian, Bank Sentral Inggris Siap Luncurkan CBDC?

Menurut para anggota parlemen, sidang pada 19 Juni 2023 merupakan bagian dari rencana untuk “merapikan” RUU tersebut dalam upaya “memastikan RUU tersebut efektif.” RUU ini akan kembali ke majelis rendah Parlemen Inggris, House of Commons, di mana para anggota dapat mempertimbangkan perubahan apa pun yang diusulkan oleh majelis tinggi.

“RUU ini memberikan hasil dari tinjauan kerangka kerja regulasi di masa depan, memberikan tanggung jawab pembuatan peraturan baru yang signifikan kepada para regulator, sambil menyeimbangkan tanggung jawab tambahan tersebut dengan akuntabilitas yang jelas, masukan demokratis yang sesuai, dan pengawasan yang transparan,” kata Baroness Joanna Penn.

Inggris Berupaya Menjadi Pusat Global untuk Teknologi Crypto

Inggris menginginkan FSMB (Financial Service and Markets Bill) untuk memberikan regulator kekuatan yang mereka butuhkan untuk dapat menetapkan aturan kripto yang telah Kementerian Keuangan konsultasikan.

Aturan spesifik baru untuk sektor crypto dapat datang dalam 12 bulan mendatang, kata Menteri Ekonomi untuk Kementerian Keuangan Andrew Griffith kepada CNBC pada April 2023 lalu. Menurut laporan, Inggris berusaha mengejar Uni Eropa, yang baru-baru ini menyelesaikan regulasi Pasar Aset Crypto mereka yang berfokus utama pada stablecoin.

Langkah Selanjutnya: Persetujuan Raja dan Penerapan Hukum

Selanjutnya, FSMB akan dikembalikan ke dewan bawah Parlemen untuk menyetujui versi akhir. Setelah kedua rumah setuju pada dokumen, itu akan dikirim ke Raja untuk disetujui dan diubah menjadi hukum. Rancangan undang-undang dapat dikirim bolak-balik antara ruang Parlemen sampai konsensus dicapai.

Baca juga: Survei: Meski Takut Risiko, 31% Pemuda Australia Pegang Cryptocurrency

Dengan persetujuan Parlemen Inggris atas Financial Services and Markets Bill, tampaknya Inggris siap untuk mengambil langkah besar dalam regulasi crypto. Dengan pengakuan crypto sebagai aktivitas yang diatur dan pengaturan stablecoin di bawah aturan pembayaran negara, Inggris menunjukkan komitmennya untuk memastikan bahwa sektor kripto diatur dengan cara yang adil dan transparan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: